Prakiraan Cuaca Hari Ini: Hujan Turun Merata di Jawa Barat

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 09:24 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Ilustrasi hujan (Ilustrator: Zaki Alfarabi)
Bandung -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan turun merata di seluruh wilayah d Jawa Barat hari ini, Kamis (2/12/2021). Disitat dari laman BMKG, ada potensi hujan yang disertai kilat pada siang dan malam hari di beberapa wilayah di Jabar.

Wilayah itu yakni Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Karawang, Subang, Purwakarta, Kabupaten dan Kota Bandung, Bandung barat, Cimahi, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Kabupaten dan Kota Cirebon.

BMKG memantau adanya anomali Suhu Muka Laut (SST) di wilayah pengamatan Nino3,4 yang menunjukkan nilai untuk memenuhi prasyarat terjadinya La Nina dan sudah berlangsung selama dua dasarian terakhir.

Indeks ENSO pada pertengahan dasarian II November tercatat sebesar -1,03, yang berarti La Nina dalam kondisi lemah. ENSO dalam kondisi La Nina Lemah. BMKG dan Sebagian besar pusat layanan iklim internasional lainnya memprediksikan kondisi La Nina Lemah - Netral akan berlangsung hingga Mei 2022.

"Dampak La Nina akan mulai dirasakan pada bulan November dan puncaknya akan terjadi pada periode Desember 2021 hingga Maret 2022.

Dampak yang ditimbulkan oleh La Nina pada wilayah Jawa Barat pada umumnya, adalah merubah pola curah hujan secara volume dan temporal," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu dalam keterangannya belum lama ini.

Berdasarkan data empiris yang dimiliki oleh BMKG sejauh ini, La Nina dapat meningkatkan curah hujan di wilayah Jawa Barat pada umumnya antara 20% hingga 70%.

"Kondisi sifat hujan seperti demikian akan memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah Jawa Barat dan juga Bandung Raya," kata Rahayu.

(yum/bbn)