Pengamanan Nataru, Polda Jabar Bakal Buat Check Point

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 14:01 WIB
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago
Kabid Humas Polda Jabar Erdi (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Polisi menyiapkan pengamanan menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru). Pengamanan arus lalu lintas jadi salah satu fokus Polda Jabar.

"Kita sudah mengetahui pemerintah membuat kebijakan bahwa dalam waktu dekat ini ada PPKM lebel tiga. Di mana pembatasan untuk membatasi kerumunan itu sudah dilaksanakan. Nah terkati libur Nataru, kita tekankan kembali bahwa ada larangan melaksanakan kegiatan tersebut, namun kepolisian tetap membuat rencana pengamanan seperti tahun-tahun sebelumnya," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dihubungi, Rabu (1/12/2021).

Erdi menuturkan ada beberapa langkah yang disiapkan Polda Jabar menghadapi Nataru baik di area tol maupun non-tol. Salah satunya dengan membuka check point di titik-titik tertentu.

"Oleh karena itu kita mengambil langkah-langkah membuat satu check point, baik itu di rest area, di pintu tol," kata dia.

Untuk area check point sendiri berada di restoran area maupun pintu masuk tol ke Jabar. Kemudian kemungkinan juga akan diberlakukan di pintu masuk menuju Kota Bandung.

"Di check point itu kita buat gerai vaksin, di rest area, dengan di pintu tol masuk ke Jabar, atau di Kota Bandung, di Pasteur, di Buah Batu dan sebagainya," kata dia.

Dalam check point itu, kata Erdi, polisi akan membuka gerai vaksin termasuk pengecekan protokol kesehatan. Hal ini semata-mata guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita membuat gerai vaksin juga, kita buat aplikasi peduli lindungi, tujuannya untuk memutus mata rantai COVID untuk dicegah saat Nataru," tuturnya.

Adapun pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan kendaraan hingga vaksinasi. Termasuk apakah wisatawan yang masuk ke Jabar membawa surat tes antigen atau tidak.

"Pertama surat-surat kendaraan dan apakah sudah divaksin atau tidak, lalu apakah memang harus kemana-mana membawa tes antigen, nanti kita lihat," kata dia.

(dir/mud)