Pengendara Belum Vaksinasi Diputar Balik di Ciamis-Pangandaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:48 WIB
Personel Polres Ciamis bersiaga di check point.
Personel Polres Ciamis bersiaga di check point. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru), Polres Ciamis menyiagakan lima titik check point di sepanjang jalur Ciamis dan Pangandaran. Aktif mulai Selasa (30/11/2021) hingga seminggu di awal Januari 2022.

Lima titik check point ini berada di Cihaurbeuti yang merupakan perbatasan Ciamis dan Tasikmalaya. Jembatan Timbang Ciamis atau wilayah perkotaan Ciamis. Perbatasan Ciamis dan Kota Banjar. Dua titik lainnya di Kabupaten Pangandaran yakni di Kalipucang dan pintu masuk Wisata Pantai Pangandaran.

"Jadi ini bukan penyekatan, tapi check point. Jadi hanya melakukan pengecekan sesuai dengan Inmendagri Nomor 52. Ada lima titik check point dalam rangka menjelang natal dan tahun baru 2022, dari hari ini sampai setelah tahun baru," ujar Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi.

Di check point ini, petugas melakukan pemeriksaan persyaratan perjalanan darat bagi pengendara yang masuk Ciamis. Salah satu syaratnya yaitu minimal sudah satu kali divaksinasi. Bagi yang belum divaksinasi terpaksa harus putar balik.

"Pengendara yang belum divaksinasi, kami putar balik. Jadi bagi yang akan melanjutkan perjalanan harus divaksinasi terlebih dahulu," katanya.

Wahyu menjelaskan ke depan pihaknya akan siapkan gerai vaksin pada pos check point tersebut. Sehingga bagi pengendara yang belum divaksinasi bisa melakukan vaksinasi langsung.

"Kalau pun sudah vaksin tentunya kami sarankan agar kembali ke rumah," ucap Wahyu.

Check point ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat agar peduli kesehatan. Meskipun kasus COVID-19 sudah landai, pandemi belum usai.

"Kalau memang tidak perlu melakukan perjalanan, sebaiknya tetap di rumah saja. Semoga di momen tahun baru ini tidak terjadi lonjakan COVID-19 gelombang ketiga," tutur Wahyu.

(bbn/bbn)