Ribuan Buruh Kepung Lagi Gedung Sate, Kawat Berduri Dipasang

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 14:00 WIB
Ribuan buruh kembali kepung Gedung Sate kawal penetapan UMK 2022
Ribuan buruh kembali kepung Gedung Sate kawal penetapan UMK 2022 (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Kawat berduri dipasang di depan kantor Gubernur Jabar di Gedung Sate, Jl Diponegoro, Kota Bandung pada Selasa (30/11/2021). Hari ini, buruh kembali melakukan unjuk rasa untuk mengawal penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022.

Pantauan detikcom, ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Jabar mengepung Gedung Sate. Sekilas, jumlah peserta aksi hari ini lebih banyak dibandingkan dengan hari kemarin, Senin (29/11).

Seperti diketahui, buruh mulai berdatangan di Gedung Sate sejak pagi hari. Hingga pukul 13.00 WIB, gelombang massa buruh pun masih terus berdatangan. "Hanya dua tekad kita, hari agar Gubernur Jabar yang kita antarkan ke singgasana untuk menetapkan upah minimum sesuai rekomendasi kabupaten/kota," kata Ketua SPSI Jabar Roy Jinto dalam orasinya.

Kedua pihaknya mendesak agar pemerintah kembali memberlakukan upah sektoral. Menurutnya, hal itu harus dilakukan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan UU Cipta Kerja mesti diperbaiki dan tak boleh mengeluarkan kebijakan yang berdampak luas.

"Hari ini merupakan hari terakhir, kita akan kawal terus, hari ini perekonomian kita sedang bagus, tidak ada alasan lagi untuk tidak menaikkan upah buruh," kata Roy.

Ia pun membandingkan respons Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berani menemui buruh di Jakarta kemarin. "Kemarin pak Anies menemui buruh, tapi kemarin Gubernur Jabar tidak datang, mau menemui buruh saja sudah," katanya.

"Saya minta buruh tidak membubarkan diri sampai SK itu ditandatangani," desak Roy.

Dijadwalkan hari ini Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan menemui buruh untuk melakukan audiensi.

(yum/mud)