Pemprov Jabar Libatkan Ahli Teliti Penyebab Banjir Bandang Garut

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 16:58 WIB
Banjir bandang terjang perkampungan di Garut
Banjir bandang terjang perkampungan di Garut. (Foto: Istimewa)
Bandung Barat -

Banjir bandang menerjang perkampungan warga di Karangtengah dan Sukawening, Kabupaten Garut. Peristiwa banjir bandang tersebut terjadi pada Sabtu (27/11/2021) siang. Pemprov Jabar pun bakal menyelidiki penyebab banjir di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Epi Kustiawan mengatakan pihaknya bakal melakukan penelitian terkait penyebab banjir bandang tersebut apakah disebabkan oleh lahan yang kritis atau bukan. "Untuk penyebab banjir bandang Garut sekarang sedang diteliti oleh para ahli dulu," ujar Epi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang Garut. Di antaranya debit air yang sangat besar dan drainase yang tak berfungsi secara maksimal.

"Bagaimanapun rimbunnya hutan, kalau airnya besar jelas surface runoff-nya juga besar. Kemarin kelihatan air yang turun masuk ke sungai dan drainasenya kurang (baik)," kata Epi.

Faktor lainnya yakni banyaknya sampah yang menyumbat saluran drainase sehingga membuat aliran air meluap sehingga menyebabkan banjir bandang yang menerjang permukiman. "Banyak kotoran sampah tertahan di drainase, ya otomatis alirannya tersumbat. Maka terjadilah banjir bandang," ujar Epi.

Semua faktor tersebut, menurut dia, diperparah dengan cuaca ekstrem yang terjadi di tengah musim hujan kali ini. "Saya kira ini juga memang karena faktor cuacanya yang sangat ekstrem," kata Epi.

(bbn/bbn)