Polda Jabar Bakal Selidiki Penyebab Banjir Bandang di Garut

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:01 WIB
Banjir bandang terjang perkampungan di Garut
Banjir bandang terjang perkampungan di Garut. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Polda Jabar akan menyelidiki penyebab banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut. Namun untuk saat ini, polisi masih fokus dalam penyelamatan warga terdampak.

"Mungkin ke depannya kita lakukan penyelidikan, tapi kita masih fokus untuk menyelamatkan masyarakat. Untuk sementara kita masih fokuskan penyelamatan masyarakat untuk mengantisipasi risiko terjadi susulan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (29/11/2021).

Erdi mengatakan Kapolda Jabar Irjen Suntana juga sudah meninjau langsung ke lokasi banjir bandang di Garut. Suntana, kata Erdi, langsung meminta agar dibuatkan dapur umum dan evakuasi terhadap warga yang tedampak.

"Dari peninjauan tersebut, Kapolda berikan kebijakan untuk membuat dapur umum, menyelamatkan masyarakat yang di lokasi sepanjang sungai yang masih," tuturnya.

Menurut Erdi, warga yang berada di bantaran sungai juga sudah dievakuasi. Sebab, kondisi kediaman warga tersebut rawan apabila terjadi bencana susulan.

"Masyarakat yang ada di bantaran sungai tersebut yang rawan apabila hujan lagi, itu sudah diungsikan, disiapkan beberapa tempat, termasuk ada di ponpes, di masjid, di gudang-gudang yang disiapkan ada tempat tidur dan sudah dilaksanakan," katanya.

Polisi juga memberikan trauma healing kepada masyarakat. Terlebih pemberian trauma healing bagi anak-anak.

"Hari ini kita lakukan trauma healing, ini kita lakukan untuk masyarakat dan anak-anak yang masih trauma dari penghiburan supaya yang bersangkutan tidak mengingat yang kemarin terjadi," ujarnya.

"Intinya semuanya sudah dapat diatasi, masyarakat diungsikan, dapur umum sudah ada, itu setiap hari pagi siang malam itu disiapkan sesuai kebutuhan kita ,itu sudah bisa didistribusikan," kata Erdi menambahkan.

Banjir bandang menerjang perkampungan warga di Karangtengah dan Sukawening, Garut, Sabtu (27/11/2021). Rumah warga dikabarkan tergenang dan sejumlah kendaraan dilaporkan terseret arus.

(dir/bbn)