Kesbangpol Akan Evaluasi Ratusan Ormas di Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 13:34 WIB
Bentrokan antar ormas di Karawang pecah
Bentrok ormas di Karawang (Foto: Yuda Febrian Silitonga)
Karawang -

Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karawang akan mengevaluasi ratusan ormas yang terdaftar. Langkah ini buntut bentrokan ormas yang menewaskan satu orang.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Karawang, Sujana Ruswana mengatakan, akan mengevaluasi seluruh ormas di Karawang.

"Atas kejadian bentrok ormas kemarin, langkah kami akan mengevaluasi seluruh," Sujana saat dihubungi melalui telepon selular Senin (29/11/2021).

Ia mengatakan, secara umum bentuk evaluasinya yakni berkas legal hukumnya, dan kasus-kasus yang terjadi terhadap ormas tersebut. Namun,Sujana tidak menyebutkan langkah selanjutnya jika hasil evaluasi terdapat temuan-temuan dugaan disfungsi ormas.

"Hingga saat ini jumlah ormas yang terdaftar di Karawang mencapai 600 ormas. Namun dari 600 ormas yang terdaftar itu, hanya sekitar 270 an ormas yang teregister," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, bentrokan maut ormas di Karawang menewaskan satu orang. Aliansi ormas Karawang meminta maaf dan akan mengikuti proses hukum yang berlaku.
Bentrokan yang terjadi pada Rabu (24/11/2021) lalu di depan Hotel Resinda hingga menewaskan satu orang. Koordinator Aliansi Ormas Karawang, Suparno mengatakan permohonan maaf dan akan mengikuti proses hukum yang berlaku.

"Pertama, dari hati yang paling dalam, kami mohon maaf sebesar-besarnya khususnya kepada Muspida Kabupaten Karawang dalam hal ini bupati karawang, Dandim 0604 Karawang dan Kapolres Karawang serta umumnya kepada seluruh warga masyarakat Karawang yang terganggu secara fisik dan psikis atas kejadian kemarin. Serta turut berduka cita yang mendalam untuk seluruh keluarga korban dari berbagai pihak," katanya.

(mud/mud)