Diterjang Luapan Sungai, Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Cianjur Putus

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 18:50 WIB
Jembatan gantung di Cianjur putus
Foto: Istimewa
Cianjur -

Jembatan gantung yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terputus dihantam arus Sungai Cibuni Kecamatan Cijati yang meluap. Tidak ada korban, namun putusnya jembatan mengakibatkan aktivitas warga terhambat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo, mengatakan jembatan tersebut putus pasa Sabtu (27/11) tengah malam. Hal itu disebabkan luapan air sungai yang mengikis tebing tanah di sekitaran pondasi jembatan.

Sudah lapuknya pondasi jembatan juga diduga jadi faktor penyebab jembatan yang dibangun pada 2007 itu putus.

"Sejak Sabtu sore memang kawasan tersebut diguyur hujan deras, sehingga Sungai Cibuni meluap dan mengikis tebing serta tanah sekitaran pondasi jembatan. Akibatnya pada Sabtu malam, jembatan gantung tersebut putus," kata dia, Minggu (28/11/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka, sebab masyarakat memilih berdiam di rumah saat hujan deras. Pasalnya Sungai juga kerap meluap dan membanjiri pemukiman warga.

Ia mengatakan, sementara warga yang biasa menggunakan jembatan tersebut, terpaksa harus memakai akses jalan alternatif lain.

"Korban tidak ada, tapi warga dari Kecamatan Cijati dan Kadupandak yang biasa menggunakan jembatan tersebut harus menggunakan jalan alternatif lain yang cukup jauh," tuturnya.

Menurut Rudi pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan assesment. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memperbaiki atau membangun jembatan baru.

"Kita berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan, hingga dinas terkait agar jembatan segera diperbaiki atau dibuat jembatan baru, sehingga agar warga dapat beraktivitas normal," kata dia.

Simak juga 'Jalan-Jembatan di Tasik Putus Akibat Longsor dan Terjangan Air':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)