Pelaku UMKM di Jabar Didorong Terapkan Bisnis Berbasis Lingkungan

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 18:47 WIB
UMKM Bandung
Produk pertanian UMKM di Jabar. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Wagub Jabar Uu Ruzhunul Ulum mengajak para pengusaha khususnya pelaku UMKM di Jawa Barat agar menerapkan berbasis lingkungan.

"Tetap perhatikan lingkungan, jangan sampai demi ekonomi lingkungan diabaikan, jadi ekonomi yang memperhatikan lingkungan," kata Uu usai menghadiri acara West Java Annual Meeting 2021 bertema 'Saluyu Jawa Barat Bangkit' yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) di Hotel El-Royale Bandung, Rabu (24/11/2021).

Uu menegaskan Pemprov Jabar mendukung langkah BI yang mewujudkan ekonomi hijau di Jawa Barat. "Jangan sampai mengejar ekonomi, tapi tidak memperhatikan aspek lingkungan," ujarnya.

Dia mengklaim ekonomi Jabar terus meningkat di tengah pandemi COVID-19 ini. Uu menilai BI sudah melaksanakan instrumen ekonomi.

"Tren positif untuk ekonomi setelah pandemi ini sangat luar biasa. Jadi kami ada angin segar, tapi ini harus didorong oleh 27 kepala daerah. Optimismenya para pelaku usaha, terutama UMKM, menyebar di seluruh Jawa Barat," ucap Uu.

Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto menegaskan perekonomian di setiap daerah di Jabar harus terus terjaga. "Kita tahu 27 kabupaten kota di Jabar punya karakteristik masing-masing, sektor utama harus dijaga. Jawa Barat adalah salah satu mesin pertumbuhannya bersifat ekspor, kita sebut industri esensial, kita bersama harus jaga agar terus berjalan," tuturnya.

Menurut dia, ekonomi hijau harus menjadi perhatian bersama lantaran Jabar dikenal dengan produk pertaniannya. "Jangan sampai ada hambatan kebijakan, harus melancarkan dan pertanian. Pertanian di Jabar potensi sangat besar, karena kita tahu pertanian berbasis kimia, kita tahu dengan kimia kualitas jadi turun. Maka saatnya green economy, pertanian organik mulai kita galakan," kata Herawanto.

(wip/bbn)