Libur Nataru di Ciamis, Pengunjung Tempat Wisata Dibatasi

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 17:34 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Pemkab Ciamis akan menerapkan PPKM Level 3 pada saat libur natal dan tahun baru (nataru). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan dalam PPKM Level 3 ini akan memfokuskan protokol kesehatan (prokes) ketat.

PPKM level itu rencananya diberlakukan mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. "Intinya kita sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan ke masyarakat. Ada petugas patroli untuk melakukan monitor itu, tapi tidak akan seketat pada PPKM Level 3 sebelumnya," ujar Herdiat usai menggelar rapat koordinasi bersama para camat dan jajaran SKPD di aula Setda Ciamis, Rabu (24/11/2021).

Menurut Herdiat, prokes memakai masker adalah cara untuk mencegah penularan virus Corona. Termasuk untuk antisipasi gelombang ketiga pandemi COVID-19.

"Intinya adalah protokol kesehatan. Termasuk untuk wisata dalam PPKM Level 3 ini tentunya ada pembatasan pengunjung. Harus pakai masker dan vaksin," kata Herdiat.

Dia mengungkapkan kasus COVID-19 di Ciamis saat ini landai. Bahkan, pihaknya sudah melakukan pengetesan sampel acak terhadap 400 sekolah selama pelaksanaan PTM.

"Hasilnya dari pengecekan tes COVID-19 di 400 sekolah nihil atau zero COVID-19," ucap Herdiat.

(bbn/bbn)