Ganjil Genap, 167 Mobil Wisatawan Diputar Balik di Kawasan Wisata Subang

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 13:32 WIB
Ilustrasi Fokus Ganjil Genap (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi Ganjil Genap (Luthfy Syahban/detikcom)
Bandung -

Polres Subang menerapkan sistem ganjil genap di kawasan selatan Kabupaten Subang yang merupakan jalur wisata Subang-Bandung sejak Sabtu, (20/11) kemarin.

Perwira Pengendali Satlantas Polres Subang Ipda Ega mengatakan sejak pagi hingga siang penerapan ganjil genap, petugas telah memutar balik ratusan kendaraan.

"Sistem ini diterapkan lantaran setiap akhir pekan kawasan selatan Subang, selalu dipadati kendaraan luar kota. Mereka menghindari aturan sistem ganjil genap yang diterapkan di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (21/11/2021).

Ega mengungkapkan penerapan sistem ganjil genap di Subang juga bertujuan menekan mobilitas masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19. "Ganjil genap ini dilaksanakan di perbatasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan Kabupaten Subang," ujarnya.

"Sebanyak 167 mobil wisatawan dari luar kota diputar balik petugas karena pelat nomor kendaraannya tak sesuai dengan sistem ganjil genap," tambahnya.

Menurutnya aturan ganjil genap ini hanya berlaku untuk mobil, sedangkan sepeda motor tetap boleh melintas. "Petugas tidak menerapkan sanksi tilang, hanya memutar balik kendaraan yang tak sesuai ganjil genap," ucap Ega.

Sistem ganjil genap ke tempat wisata ini, lanjut Ega, diterapkan untuk mengurangi kendaraan yang datang. "Sehingga tidak terjadi kerumunan pengunjung di tempat wisata," pungkasnya.

Simak juga 'Jalan Jakarta Makin Padat, Ganjil Genap DKI di 13 Titik Tetap Diterapkan':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)