Main Dekat Makam, Bocah SD Ditemukan Tewas di Sungai Cisadane

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 18:52 WIB
Ilustrasi korban tenggelam
Ilustrasi (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Bogor -

IL, bocah lelaki berusia 6 tahun, ditemukan tewas di aliran Sungai Cisadane, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (19/11). IL sempat main dekat makam dan dikabarkan hilang pada Kamis (18/11) petang.

Camat Bogor Selatan Hidayatullah mengatakan IL bocah kelas 1 SD itu terakhir kali terlihat di pinggir kolam ikan dan teras rumah penjaga makam. "Jadi gini, informasi awal yang kami terima dari saksi mata, anak itu sempat terlihat pukul 17.30 WIB sedang bermain di sekitar kolam ikan. Sempat ditanya, ditegur sama warga supaya pulang karena sudah menjelang magrib," kata Hidayatullah ditemui rumah duka korban, Jumat (19/11/2021).

"Anak itu bukan pulang, tapi berpindah ke rumah penjaga makam, duduk di terasnya. Jarak dari kolam ke rumah penjaga makam itu dekat, cuma lima meter," ujar dia menambahkan.

Perlu diketahui, tempat tinggal IL berada hanya sekitar 50 meter dari tanah wakaf yang dijadikan pemakaman umum. Bagi warga sekitar, tinggal di sekitar pemakaman umum merupakan hal biasa.

Usai sempat menegur dan meminta Ilham pulang, saksi yang belakangan diketahui bernama Rini itu kemudian menunaikan salat magrib. "Setelah salat magrib, saksi dari warga itu lihat lagi ke posisi anak, tapi sudah tidak ada. Posisi rumah saksi ini hanya 50 meter dari rumah penjaga makam," tutur Hidayatullah.

Pada saat bersamaan, orang tua mencari keberadaan sang anak karena tidak pulang ke rumah. Sejak malam itu, orang tuanya bersama warga mencari IL.

"Sudah dicari ke area makam, ke kebun tapi tidak ditemukan," ucap Hidayatullah.

Pencarian kemudian dilanjutkan pagi hari tadi oleh relawan gabungan dari BPBD Kota Bogor dan relawan gabungan lainnya. IL ditemukan tak bernyawa dengan posisi terhimpit batu di tengah Sungai Cisadane.

"Korban (IL) tadi ditemukan sekitar pukul 12.25 WIB atau setelah salat Jumat. Kondisinya sudah meninggal. Posisi ditemukan di Sungai Cisadane, di bebatuan pinggir sungai," kata ketua tim penyelamatan BPBD Kota Bogor Maruli Sinambela di lokasi kejadian.

Selanjutnya, jenazah IL dibawa ke rumah orang tuanya yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian. Orang tua IL mengikhlaskan kepergian IL dan menganggap peristiwa itu sebagai musibah.

(bbn/bbn)