Akses Menuju Kawah Darajat Garut Terputus Longsor

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 17:57 WIB
Longsor Memutus Akses Wisata Kawah Derajat Garut
Longsor memutus jalan menuju kawasan wisata Kawah Darajat Garut. (Foto: istimewa)
Garut -

Longsor terjadi di dekat kawasan wisata kawah Darajat, Garut. Jalanan di sana terputus karena tergerus material longsor yang berlangsung setelah hujan deras.

Longsor terjadi Jumat (19/11/2021) siang tepatnya di Jalan Raya Darajat, Blok Cikupakan, tepatnya di perbatasan Desa Sarimukti dan Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi.

Camat Pasirwangi Saepul Hidayat mengatakan longsor itu terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. "Kejadiannya tadi siang. Longsor mengakibatkan jalan menuju kawah Darajat terputus total. Tidak bisa dilalui," kata Saepul.

Lokasi longsoran berada dekat dengan kawasan objek wisata Darajat. Jika diakses dari daerah Samarang, lokasi longsoran berada setelah kawasan wisata.

Saepul mengatakan material longsor menggerus jalan raya yang berada tepat di atas titik longsor dengan panjang sekira 100 meter. Akibatnya, jalanan itu terputus total dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, selain jalan yang terputus, menurut Saepul, ada sejumlah lahan pertanian warga yang terdampak.

"Ada beberapa lahan yang terdampak, belum kami hitung berapa luasnya, kami masih melakukan pemeriksaan," ujar Saepul.

Tonton juga Video: Heboh Video Jalur Wisata Bromo Amblas, Polisi: Hoaks!

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)