Tetap Tenang Saat Diperiksa Polisi, Ada Apa dengan Yana?

Nur Azis - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 15:30 WIB
Yana Supriyatna saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Sumedang.
Yana Supriyatna saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Sumedang (Foto: Nur Azis/detikcom).
Sumedang -

Yana Supriatna (40), tampak duduk tenang saat menjalani pemeriksaan di ruang Satreskrim, Mako Polres Sumedang, Jumat (19/11/2021) siang. Di hadapan penyidik, ia harus memberikan keterangan terkait apa yang telah diperbuatnya.

Yana yang duduk bermasker tampak mengenakan baju bermotif batik, celana hitam dan sepatu kulit. Pakaian tersebut sama persis dengan pakaian di foto yang tersebar di media sosial. Tidak terpancar aura tegang di wajah Yana saat menjawab sejumlah pertanyaan dari penyidik.

Yana yang sebelumnya dikabarkan hilang di Cadas Pangeran pada Selasa (16/11/2021) malam, akhirnya berhasil ditemukan oleh jajaran Satreskrim Polres Sumedang di Daerah Dawuan, Majalengka pada Kamis (18/11/2021) sore.

Oleh Petugas Satreskrim, Yana pun diamankan dan dibawa ke Mako Polres Sumedang hingga tiba sekitar pukul 20.00 WIB. Lantaran kondisi Yana masih kelelahan setelah perjalanan maka pemeriksaan pun baru bisa dilakukan keesokan harinya atau hari ini, Jumat (19/11/2021).

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan pihaknya masih mendalami terkait kasus Yana yang sebelumnya dikabarkan hilang di Cadas Pangeran. Aksi Yana diduga dipicu oleh persoalan pekerjaan dan keluarganya.

"Yang bersangkutan (Yana) masih kita dalami dengan meninggalkan motor di Cadas Pangeran dan keluarganya yang mengarah pada pekerjaan yang bersangkutan di sebuah kantor notaris di Bandung, sekaligus juga ada permasalahan lain dengan keluarga dari pihak istrinya," kata Eko.

Kendati demikian, kata Eko, pihaknya belum dapat memastikan motif dari perbuatan Yana lantaran saat didalami keterangannya masih berubah-ubah. Sehingga yang sedianya hari ini akan digelar jumpa pers pun batal.

"Keterangannya masih berubah-ubah jadi semula akan memberikan keterangan pers secara lengkap hari ini, namun belum bisa karena cukup komplek motif yang bersangkutan itu," ungkap Eko.

Eko menyatakan pihak kepolisian masih perlu mendalami kasus ini dengan mengkonfirmasi sejumlah pihak baik instansi dimana Yana bekerja ataupun pihak keluarganya.

"Kami masih perlu dalami, baik pihak keluarga atau pun instansi lain (tempat Yana bekerja)," terang Eko.

Eko menegaskan bahwa Yana ditangkap di Dawuan, Majalengka dan berhasil diamankan ke Mako Polres Sumedang sekitar pukul 20.00 WIB.

"Sekitar jam 8.00 malam kita lakukan pengamanan dimana pelaku berhasil ditemukan di Dawuan Majalengka, saat ini masih dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Simak Video: Yana Pria yang Hilang di Cadas Pangeran Trending Twitter

[Gambas:Video 20detik]