Max Sopacua Dimakamkan di Pemakaman Umum Ciomas Bogor

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 16:46 WIB
Bogor -

Politisi senior H. Zulkifli atau biasa dikenal dengan nama Max Sopacua meninggal dunia di RSPAD pagi tadi. Almarhum dimakamkan di pemakaman umum Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Pantauan di lokasi, prosesi pemakaman berjalan khidmat. Seluruh anggota keluarga nampak menghadiri pemakaman politikus senior yang dikenal warga sebagai sosok yang baik itu.

Beberapa warga dan kerabat juga nampak hadir. Sesekali, anak dan kerabat Max Sopacua nampak menahan tangis dan saling menguatkan satu sama lainnya.

Di atas pusara sang ayah, Ferro Sopacua sempat menyampaikan maaf untuk mendiang ayahnya. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang membantu pengurusan jenazah hingga pemakaman ayahnya.

"Dengan segala kerendahan hati kami sekeluarga meminta maaf. Apabila kemudian hari ditemukan bahwa ayah kami memiliki sangkutan, piutang, atau apapun, untuk menghubungi saya, Ferro Sopacua sebagai anak tertuanya dan Insya Allah akan kami selesaikan. Mohon dimaafkan kesalahan beliau," kata Ferro Sopacua, anak dari Max Sopacua kepada warga yang hadir di pemakaman, Rabu (17/11/2021).

Max Sopacua meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan karena sakit yang dideritanya. Kondisi kesehatan Max Sopacua disebut terus menurun sejak 5 hari lalu. Hingga akhirnya Max Sopacua menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (17/11/2021) pagi sekitar pukul 05.53 WIB.

"Ayah saya masuk ke rumah sakit itu sudah sebulan lalu, tapi 2 minggu masuk RSUD Kota Bogor dirujuk ke RSPAD Jakarta. Kemudian mengalami penurunan kondisi sejak 5 hari ke belakang, pagi ini benar-benar yang terakhir, dan jam 05:53 WIB, ayah saya menghembuskan napas terakhir," kata anak dari Max Sopacua, Fero Sopacua ditemui di rumah duka (16/11/2021).

"Alhamdulillah kami masih diberi kesempatan untuk mendampingi, keluarga semua mendampingi," ujarnya menambahkan.

(mso/mso)