Sebelum Meninggal, Max Sopacua Sempat Meminta Maaf ke Keluarga-Teman

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 13:11 WIB
Bogor -

H. Zulkifli atau biasa dikenal dengan Max Sopacua yang merupakan politisi senior yang sempat ikut membesarkan Partai Demokrat meninggal dunia pada Rabu (17/11/2021) pukul 05.53 WIB. Sebelum meninggal, Max Sopacua juga sempat meminta maaf kepada keluarga dan teman-temannya.

"Yang pasti ayah saya meminta maaf kepada semua pihak, itu sempat dikatakan ketika ayah saya sempat masih bisa komunikasi dan meminta maaf kepada seluruh, kepada kami sekeluarga dan tentunya kepada temannya yang tidak bisa beliau sebutkan satu-satu, jadi untuk semua orang, beliau menyampaikan itu," ungkap Ferro Sopacua, anak dari Max Sopacua di rumah duka Jalan Kepatihan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (17/11/2021).

"Kalimat terakhirnya yang terekam di pikiran saya itu ya permohonan maaf," ucap Ferro menambahkan.

Ferro Sopacua, anak dari Max Sopacua mengatakan ayahnya meninggal saat menjalani perawatan selama hampir dua pekan di RSPAD Jakarta karena sakit paru-paru. Ferro menyebut, ayahnya sudah sebulan dirawat di rumah sakit.

"Ayah saya sudah sebulan masuk rumah sakit, sebelumnya dirawat di RSUD Kota Bogor selama dua pekan. Kemudian mendapat dirujuk ke RSPAD. Kondisinya sudah menurun sejak 5 hari terakhir, dan pagi ini benar-benar yang terakhir. Ayah saya menghembuskan napas terakhirnya pukul 05.53 WIB," ungkap Ferro.

Politisi senior Max Sopacua meninggal dunia pada Rabu (17/11/2021) pagi tadi. Saat ini pukul 11.30 WIB, jenazahnya masih disemayamkan di rumah duka Jalan Kepatihan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pantauan di rumah duka, saat ini kediaman Max Sopacua ramai didatangi tetangga dan kerabat dari Max Sopacua. Beberapa kolega dan pejabat Kota Bogor juga sudah berdatangan ke rumah duka. Rencananya, jenazah Max Sopacua akan dimakamkan di pemakaman keluarga dan bersebelahan dengan makam almarhum istrinya di Ciomas, Kabupaten Bogor.

(mso/mso)