Polisi di Majalengka Razia Penumpang Angkutan Umum untuk Vaksinasi

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 13:07 WIB
Polisi Majalengka razia vaksinasi di bus
Foto: Bima Bagaskara
Majalengka -

Polisi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat merazia terhadap angkutan umum di Terminal Cipaku Kadipaten. Namun razia kali ini bukan untuk menilang, melainkan mencari penumpang yang belum melakukan vaksinasi.

Dilihat detikcom Rabu (17/11/2021), satu persatu angkutan umum seperti angkot, elf hingga bus diperiksa petugas dari Satlantas Polres Majalengka. Petugas masuk ke dalam angkutan untuk memeriksa sertifikat vaksin dari penumpang.

Penumpang yang tidak bisa menunjukkan sertifikat karena belum melakukan vaksinasi, langsung diminta turun dari kendaraan. Mereka kemudian diarahkan untuk melakukan vaksinasi di lokasi terminal.

Nana (34) salah seorang penumpang angkutan umum mengatakan, dirinya terkejut dengan kehadiran petugas kepolisian yang secara tiba-tiba masuk kedalam bus yang ditumpanginya.

"Kaget tiba-tiba ada polisi masuk, dikira mau ada razia apa gak taunya razia vaksin. Kebetulan saya belum vaksin kedua jadi tadi sekalian aja ikut vaksinasi. Ini mau ke Bandung dari Kuningan," ucap Nana.

Selain penumpang angkutan umum, tidak sedikit warga sekitar yang sengaja datang untuk mengikuti vaksinasi di Terminal Cipaku ini.

"Iya ini tadi lihat ada vaksinasi jadi sekalian aja vaksin kedua. Mumpung gak terlalu ramai juga disini jadi gaperlu antri lagi," singkat Ono Saryono salah seorang warga.

Vaksinasi bagi penumpang angkutan umum ini dilakukan Satlantas Polres Majalengka dalam rangka Operasi Zebra Lodaya 2021. KBO Lantas Polres Majalengka Ipda Toni Margianto mengatakan, penumpang yang belum divaksin diimbau untuk bisa turun mengikuti vaksinasi di Terminal Cipaku.

"Jadi kali ini kita di Terminal Cipaku kita mengimbau penumpang dari luar kota dan dalam kota yang belum vaksinasi bisa vaksin disini. Selain itu kita juga memberikan sembako bagi mereka yang divaksin," kata Toni.

Toni menjelaskan dalam Operasi Zebra tahun 2021 ini polisi akan fokus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan dan percepatan vaksinasi COVID-19.

"Operasi Zebra tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya jadi kita lebih fokus edukasi ke masyarakat tentang pencegahan COVID-19 dan percepatan vaksinasi. Jadi tahun ini tidak ada penindakan pelanggar lalulintas," tandasnya.

(ern/ern)