Kasus Tuntutan 1 Tahun Valencya, Kajati Jabar Minta Jaksa Pakai Hati Nurani

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 09:38 WIB
Istri di karawang dituntut 1 tahun penjara gegara omeli suami mabuk
Sidang tuntutan istri omeli suami mabuk (Foto: Yuda Febrian Silitonga)
Bandung -

Kepala Kejati Jabar Asep N Mulyana merespons sejumlah Jaksa di Jabar diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) imbas tuntutan satu tahun istri di Karawang bernama Valencya yang omelin suami mabuk. Kejati Jabar mengikuti proses yang dilakukan oleh Kejagung.

"Pak Kajati mengharapkan seluruh penanganan perkara sesuai SOP dan penanganan yang digariskan," ujar Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil, Rabu (17/11/2021).

Dodi menuturkan Kajati Jabar juga sejak kasus ini mencuat sudah meminta asisten bidang pengawasan (Aswas) untuk melakukan penelusuran. Menurut Dodi, Kajati juga meminta dengan adanya kasus ini, para Jaksa di Jabar ke depannya untuk lebih menggunakan hati nurani.

"Dari Pak Kajati meminta seluruh Jaksa melaksanakan benar-benar persidangan penanganan perkara sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Seperti pesan dari Jaksa Agung, harus mendahulukan hati nurani. Itu intinya," kata Dodi.

Dodi menambahkan pihak Kejati Jabar juga menerapkan zero tolerance kepada siapapun oknum Jaksa yang 'bandel'. Menurut dia, sanksi bisa diberikan bila oknum Jaksa terbukti bersalah.

"Kita terapkan zero tolerance. Jangan sampai ada permasalahan yang akhirnya merugikan kita sendiri maupun institusi," ucap dia.

Menurut Dodi, Kajati Jabar Asep N Mulyana juga sudah mengatensi kasus ini. Dia mengatakan penelusuran oleh Aswas ini dilakukan untuk mencari tahu proses penanganan perkara tersebut.

"Sehingga kita ketahui penanganan perkara ini sesuai prosedur atau tidak," kata dia.

Terkait hasil dari pengawasan ini, sambung Dodi, pihaknya belum menjelaskan. Dodi mengatakan pihaknya masih menunggu hasil dari Kejagung.

Sebab, Jaksa Agung ST Burhanuddin juga sudah meminta eksaminasi khusus atas kasus ini. Sembilan Jaksa baik dari Kejati Jabar maupun Kejari Karawang termasuk Asisten Pidana Umum Kejati Jabar tengah menjalani pemeriksaan oleh Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan (Jamwas).

"Jadi kira tunggu bersama prosesnya bagaimana, langkah yang diambil bagaimana, yang pastiJampidum sudah melakukan eksaminasi khusus seperti yang disampaikan," kata dia.

Simak Video: Kejaksaan Agung Ambil Alih Perkara Istri Omeli Suami Dituntut 1 Tahun

[Gambas:Video 20detik]