Heboh Laju Ambulans Tertahan Truk Ngetem di Lebak, Pasien Tak Tertolong

Rifat Alhamidi - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 22:24 WIB
Lebak -

Sebuah video yang memperlihatkan laju ambulans tertahan truk bermuatan tanah viral di media sosial. Peristiwa itu, diketahui terjadi di Lebak, Banten. Dikabarkan pasien di dalam ambulans meninggal dunia saat hendak dibawa ke puskesmas terdekat.

Video itu mendadak menjadi perbincangan warganet setelah dibagikan akun instagram @infolebakbanten, Sabtu (13/11/2021) sekira pukul 19.00 WIB. Dalam narasinya, akun tersebut menyatakan bahwa peristiwa ini terjadi pada Jumat (12/11) kemarin di wilayah Koleang, Maja, Lebak.

Dalam postingannya, akun @infolebakbanten menyebut ambulans yang tengah membawa pasien terhalang truk yang ngetem sembarangan di pinggir jalan. Akibatnya, pasien yang berada dalam ambulans pun disebut menghembuskan nafas terakhirnya saat hendak dibawa menuju puskesmas.

"Video Ambulans membawa pasien pada Jumat 12/11/2021 dari PKM Maja terhalang truk pasir yang ngetem sembarangan. Pada story 1 @paguyubanambulancelebak pukul 21.04 sedang membawa pasien, dan story 3 pasien dikabarkan meninggal dunia," demikian dikutip dari postingan akun @infolebakbanten.

Dalam video yang dilihat, terdapat seorang pasien yang tengah berbaring di dalam ambulans yang tak bisa melaju lantaran tertahan perjalanannya oleh truk berwarna hijau. Dalam video itu disebut truk tengah ngetem di pinggir jalan.

Unggahan ini pun sontak dibanjiri kecaman dari warganet. Sembari turut men-tag akun instagram resmi milik Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, nitizen meminta agar truk-truk yang kerap ngetem di pinggir jalan itu supaya segera ditertibkan.

"Nah kejadian, Mohon ditertibkan bu @viajayabaya ini truk2 pengangkut entah tanah atau pasir di daerah Maja mengkhawatirkan, parkir memakan 50% badan jalan, Al hasil jalan jadi satu jalur...," demikian kata akun @aa*********

"Selepas pertigaan adiyasa arah maja, mobil tanah berjejer panjang, tolong ditertibkan," kata akun @ro****** sembari turut men-tag akun instagram Iti Jayabaya.

Belakangan diketahui, video yang akhirnya menjadi viral itu berasal dari unggahan Instagram milik Paguyuban Ambulans Lebak. Paguyuban ini diketahui didirikan untuk menghimpun komunikasi semua driver ambulans yang berada di wilayah Lebak sejak setahun yang lalu.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Paguyuban Ambulans Lebak Faizal Nur Alfarisi membenarkan mengenai informasi tersebut. Ia mengungkap, ambulans yang tertahan oleh truk bermuatan tanah itu tengah dibawa oleh rekannya yang bernama Aldi.

"Ya kang itu benar informasinya. Itu yang bawa rekan kami driver ambulans di PKM Maja," katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon.

Faizal juga membenarkan pasien yang tengah dibawa dalam ambulans meninggal gegara telat dibawa ke puskesmas terdekat. Ia pun menyesalkan kejadian itu dan berharap tak terulang lagi di kemudian hari.

"Pasiennya benar meninggal dunia kang karena setelah nyampe di PKM beliau enggak bisa diselamatkan lagi. Mudah-mudahan ke depan enggak ada lagi kejadian seperti ini, itu pasien yang kami bawa kritis soalnya kode merah," pungkasnya.

(ern/ern)