Sampah TPS Pagarsih Bandung Luber ke Jalan, Bagaimana di Tempat Lain?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 13:46 WIB
Sampah di TPS Pasar Kosambi Bandung
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) Pagarsih menumpuk hingga luber ke jalan. Lalu bagaimana dengan kondisi di TPS lain?

Detikcom mengunjungi beberapa TPS di Bandung pada Sabtu (13/11/2021). Kondisi di TPS lain meski menumpuk, tak separah seperti di Pagarsih.

Seperti di TPS Kosambi yang letaknya di belakang Pasar Kosambi, Bandung. Berdasarkan pantauan sekitar pukul 11.00 WIB, kondisi sampah di TPS ini tak menumpuk.

Sampah masih terlihat sedikit dan dimasukkan ke dalam bak sampah. Beberapa roda sampah yang terparkir juga terlihat dalam kondisi kosong.

Namun menurut Soleh (60) petugas sampah di TPS tersebut kondisi di TPS Kosambi sempat menumpuk selama tiga hari. Sebab, selama tiga hari itu tak ada pengangkutan dari TPS menuju TPA Sarimukti.

"Kalau sekarang sudah normal Alhamdulillah sudah sedikit. Kemarin sempat tiga hari numpuk enggak diangkut," kata Soleh saat berbincang dengan detikcom.

Soleh mengatakan proses pengangkutan sampah di TPS ke TPA Sarimukti sudah mulai normal sejak kemarin. Satu harinya, ada dua kali pengangkutan sampah untuk dibuang ke TPA Sarimukti.

"Sehari dua kali. Ini sih tinggal sekali jalan lagi sudah habis sampah di sini," kata dia.

Menurut Soleh, selama tiga hari sampah tak diangkut dari TPS tersebut lantaran beberapa kendala pembuangan ke TPA Sarimukti. Salah satunya adanya perbaikan jalan saat menuju TPA.

"Katanya sih jalannya lagi diperbaiki. Jadi nggak diangkut. Tapi sekarang sudah normal," tutur dia.

Kondisi serupa juga terlihat di TPS Patrakomala di Jalan Patrakomala, Kota Bandung. Tak terlihat penumpukan sampah hingga luber ke jalan. Sampah hanya terlihat menggunung di bak penampungan yang siap diangkut ke TPA Sarimukti.

"Kalau di sini biasa saja, normal pengangkutan dua kali sehari," ucap Agus (40) seorang petugas kebersihan di TPS Patrakomala yang tengah memilah sampah.

Sementara itu, di area-area rumah warga tak terlihat adanya penumpukan. Sebagaimana pantauan detikcom di Jalan Sabang, Pulo Laut hingga Jalan Brantas Kecamatan Bandung Wetan, kondisi tempat sampah kosong. Adapun beberapa yang terisi namun tak sampai menumpuk.

(dir/ern)