Hii..Sampah di TPS Pagarsih Bandung Menggunung hingga Luber ke Jalan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 11:58 WIB
Sampah di TPS Pagarsih Bandung menggunung dan luber ke jalan
Foto: Sampah di TPS Pagarsih menggunung dan luber ke jalan
Bandung -

Timbunan sampah menggunung di tempat pembuangan sementara (TPS) Pagarsih, Bandung. Sudah seminggu, sampah di TPS tersebut tak diangkut.

Pantauan detikcom di TPS Pagarsih Jalan Pagarsih, Kota Bandung, Sabtu (13/11/2021) pukul 10.30 WIB, terlihat gunungan sampah itu meluber hingga ke badan jalan. Begitu juga dengan roda-roda sampah dan motor pengangkut sampah. Roda dan motor tampak mengantre untuk membuang sampah ke TPS.

Aroma bau sampah juga mulai tercium dari jarak kurang lebih 100 meter. Adapun sampah-sampah yang dibuang didominasi sampah rumah tangga.

Akses jalan dua arah pun sedikit tersendat saat kendaraan melintas di depan TPS. Padahal arus lalu lintas kendaraan dalam kondisi ramai lancar.

Terlihat sejumlah orang tengah memilah-milah sampah. Mereka terlihat memindahkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang.

Budi (30) salah seorang petugas sampah mengatakan sudah seminggu sampah di TPS ini tidak diangkut ke TPA Sarimukti. Dia tak mengetahui alasan tidak diangkutnya sampah tersebut.

"Sudah seminggu enggak ada yang angkut. Kurang tahu kenapa (nggak diangkut). Biasa orang-orang di atas," ujar Budi saat berbincang dengan detikcom.

Menurut Budi, sampah yang di buang ke TPS Pagarsih ini merupakan sampah rumah tangga dari 4 kelurahan di Kecamatan Astanaanyar. Menurut Budi, kondisi ini sudah seringkali terjadi dan memang kerap meluber hingga ke badan jalan.

"Dulu juga pernah beberapa hari enggak diangkut. Ini kalau nggak diangkut seminggu lagi saja, bakal penuh ke jalan," kata Budi.

Sebelumnya diketahui, operasional TPA Sarimukti sempat tersendat. Hal itu disebabkan oleh habisnya BBM alat berat.

(dir/ern)