Pemprov Jabar Batal Terapkan Jam Operasional Baru TPA Sarimukti

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 14:52 WIB
Jam operasional baru TPA Sarimukti batal diterapkan
TPA Sarimukti (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tak lagi khawatir bakal terjadi penumpukan sampah pada Sabtu dan Minggu. Hal itu karena pada Sabtu dan Minggu, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti tetap menerima pembuangan sampah.

Sebelumnya muncul rencana pemberlakuan jadwal baru pembuangan sampah ke TPA Sarimukti baru bisa dimulai dari pukul 08.00 WIB lalu ditutup pukul 16.00 WIB. Aktivitas pembuangan juga dibatasi hanya sampai Jumat sedangkan Sabtu dan Minggu libur.

Padahal biasanya pembuangan sampah ke TPA Sarimukti bisa dilakukan sejak pukul 03.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Lalu pelayanan pembuangan sampah juga tersedia setiap hari tanpa ada hari libur.

"Info dari Pemprov (Jabar) enggak jadi diterapkan jadwal barunya. Sekarang normal lagi penjadwalannya jadi dari subuh sudah bisa membuang sampai jam 6 sore. Untuk sabtu minggu juga engga jadi libur," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandung Barat, Nurjaman saat dihubungi detikcom, Jumat (12/11/2021).

Nurjaman mengatakan tidak mengetahui pasti alasan jadwal baru pelayanan pembuangan sampah ke TPA Sarimukti tidak jadi diterapkan. Namun yang jelas hal itu tak bakal lagi berdampak pada pelayanan pengangkutan sampah di 10 kecamatan Bandung Barat.

"Mungkin karena ada dampaknya. Kalau Sabtu sama Minggu libur kan bakal ada penumpukan sampah lagi seperti kemarin," tutur Nurjaman.

Sebelumnya pelayanan pembuangan sampah Bandung Raya ke TPA Sarimukti sempat dihentikan sementara selama dua hari. Hal itu menyebabkan terjadinya penumpukan sampah di TPS Bandung Raya termasuk Bandung Barat.

"Ini juga sisa sampah yang penutupan sementara kemarin belum selesai semua diangkut. Jadi kalau diterapkan penumpukannya bakal lebih parah," jelas Nurjaman.

Koordinator Pengelola TPA Sarimukti Riswanto mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu surat resmi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat terkait penerapan jam operasional tersebut.

"Jadi sampai saat ini pembuangan sampah masih tetap seperti dulu, yaitu dari pukul 03.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Masih normal karena belum ada surat untuk pengurangan jam operasional," ujar Riswanto.

Pihaknya bakal menerapkan jam operasional baru tersebut jika sudah ada instruksi dan surat resmi dari DLH Jabar dan Balai Pengelolaan Sampah Regional (BPSR) TPA Sarimukti.

"Berdasarkan instruksi dari kepala balai juga, sampai saat ini pembuangan sampah masih menggunakan pola yang lama, sambil kita menunggu ada atau enggaknya pengurangan jam operasional," tutur Riswanto.

(mud/mud)