Cakupan Vaksinasi di Jabar Baru 69 Persen, Terendah Sukabumi dan Bogor

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 16:29 WIB
Kodam III/Siliwangi melaksanakan serbuan vaksinasi di Garut, Jabar. Pelajar jadi sasaran vaksinasi COVID-19 agar pembelajaran tatap muka (PTM) bisa segera terlaksana.
Foto: Hakim Ghani
Bandung Barat - Cakupan vaksinasi COVID-19 di sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat hingga saat ini masih belum mencapai target. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, vaksinasi baru mencapai 69 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi mengatakan pihaknya menargetkan pada Desember mendatang, cakupan vaksinasi di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat bisa mencapai 70 persen.

"Untuk daerah Jabar ada yang masih minim vaksinasinya. Kita targetkan beberapa kabupaten kota bisa selesai 31 Desember. Tapi beberapa kota kabupaten lain ada tahun 2022, ada yang 2023," ungkap Nina saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Pemkot Cimahi, Jumat (12/11/2021).

Nina mengatakan dua wilayah di Jawa Barat yang cakupan vaksinasinya masih minim yakni Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Hal itu terjadi lantaran luas wilayah dan jumlah masyarakatnya yang lumayan banyak.

"Sukabumi dan Bogor masih minim. Sukabumi juga banyak daerah terpencil dan medannya sulit, sehingga sulit terjangkau. Sedangkan untuk perkotaan Seperti Bandung dan Cimahi meski padat tetapi mudah terjangkau," terang Nina.

Untuk itu pihaknya mendorong daerah-daerah di Jawa Barat untuk terus melakukan vaksinasi supaya targetnya bisa segera terpenuhi. Untuk mendukung percepatan vaksinasi Pemprov Jabar sudah menyiapkan 200 mobil vaksin keliling.

"Semuanya akan disebar di seluruh Jabar untuk mencapai tempat yang susah dijangkau termasuk orang tua yang memang kesulitan untuk dijangkau," sebut Nina.

(ern/ern)