Jelang Akhir Tahun, Banten Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 15:16 WIB
Zona Merah Corona Jawa Barat Ada Di Mana Saja? Ini Sebarannya
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Serang -

Semua pihak diminta tetap waspada penyebaran COVID-19, khususnya di libur akhir tahun, meski saat ini kasus Corona melandai di Banten. Sebab, Banten banyak lokasi pariwisata yang sering jadi tempat keramaian liburan.

"Khawatir nggak, tapi harus siap-siap. Semua harus siaga, berjaga-jaga, semuanya harus waspada," ujar Gubernur Banten Wahidin Halim, Jumat (12/11/2021).

Tim dari Satgas COVID-19 di Banten tentunya tetap melakukan persiapan jika ada lonjakan kasus COVID-19. Tapi, ia berharap tidak ada lonjakan karena sejak akhir Agustus kondisi penyebaran mulai melandai.

Kedua, di masa liburan itu tentunya warga tetap menggunakan protokol kesehatan. Apalagi mereka sudah divaksinasi dan keseluruhan Banten sendiri sudah 67 persen.

Jelang libur akhir tahun ini, Pemprov Banten juga sudah minta hotel-hotel khususnya di pesisir pantai untuk pakai protokol kesehatan untuk pendatang. Camat dan kepala desa di lokasi wisata juga bisa turun tangan mengingatkan hal itu termasuk untuk terus meningkatkan vaksinasi.

"Kita sudah rapat tahun baru jangan sampai masyarakat ke pantai-pantai melupakan prokes kesehatan," ucap Wahidin.

Melandainya penyebaran COVID-19 menyebabkan rumah singgah dan rumah sakit yang kosong. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan lalu, termasuk angka kematian yang rendah.

"Sudah nggak ada, kosong. Jangan diisi lagi," kata Wahidin.

(bri/bbn)