Ini 'Buah Tangan' Ridwan Kamil Sepulang Kunker dari Tiga Negara

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 14:07 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membawa buah tangan berupa potensi kerjasama sepulang dari perjalanan dinas ke Belanda, Glasgow dan Dubai pada awal November lalu. Potensi itu berupa pembangunan rumah sakit hingga pengembangan wisata outdoor.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, investor asal Belanda tertarik untuk membangun proyek rumah sakit dengan konsep public private partnership (PPP). Menurutnya, ketika pandemi COVID-19 sedang memuncak, Jabar kekurangan fasilitas layanan kesehatan.

"Yang Belanda pembangunan rumah sakit sudah kita obrolkan insya Allah dikebut. Karena ketika covid kita kekurangan rumah sakit dan Puskesmas. Konsepnya PPP sama kayak dengan Jasa Sarana. Bedanya dulu dengan Australia sekarang dengan Belanda," ujar Kang Emil di Gedung Sate, Rabu (10/11/2021) malam.

Di Glasgow, Kang Emil menjajaki kerjasama dalam membangun Politeknik Maritim di Patimban, Subang. "Kemudian pembangunan universitas atau politeknik maritim itu juga merespon. Jangan sampai nanti kita telat, pembangunannya fisiknya ngebut, SDM-nya ketinggalan. saya enggak mau," ucapnya.

Sedangkan di Dubai, investor tertarik untuk menanam modal dan mengembangkan wisata di Jabar. Pasalnya, secara geografis pariwisata di Jabar terbilang lengkap mulai dari wisata pantai hingga gunung.

"Kemudian minat luar biasa pariwisata outdoor yang dunia lagi mengemuka contohnya glamour camping. Jabar menurut hitungan investor Dubai sangat lengkap. ada air terjun, ada pantai, gunung, sungai. Nah mereka akan datang ke jabar untuk melakukan survei," paparnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah untuk menindaklanjuti semua potensi kerja sama dari hasil kunjungan ke luar negeri.

Salah satunya adalah kerjasama dengan City of Glasgow College untuk merintis Politeknik Maritim.

"MoU dengan City of Glasgow College akan segera ditindaklanjuti dengan kegiatan transfer of knowledge bersama Dinas Pendidikan," ujar Dodit.

Pemprov Jabar juga akan melakukan pertemuan dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab, salah satunya, Masdar terkait rencana investasi di aerocity.

"Dinas teknis Jabar akan melakukan pertemuan yang membahas rencana pengembangan kawasan dan alur investasi dengan Masdar selaku calon investor," pungkas Dodit. (yum/mud)