26 Rumah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 08:57 WIB
Banjir di Kabupaten Bandung
Banjir di kawasan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Banjir merendam puluhan rumah warga di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Kejadian banjir ini akibat jebolnya tanggul aliran air Sungai Cisunggalah, Rabu (10/11) sore.

Sekretaris Desa Panyadap Danny Isnendar menjelaskan tanggul yang jebol membuat air dari Sungai Cisunggalah menerjang keras sejumlah rumah yang berada di dekat tanggul. Dari kejadian tersebut, di RW 17 ada sebanyak 26 rumah yang terendam banjir bandang.

Selain rumah, satu masjid pun terendam banjir. Karpet hingga alat elektronik yang berada di masjid pun tidak sempat terselamatkan.

"Memang yang terdampak di lokasi RW 17, RT 1. Air juga sampai ke RW 13. Cuma yang kena parah itu RW 17. Termasuk masjid juga, karpetnya, amplifier-nya nggak keburu diberesin. Keburu panik warganya. Terendam parah itu ada 6 rumah. Terdampak banjir, seperti halamannya, sekitar 20 rumahan," ucap Danny saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (11/11/2021).

Pihak BPBD, BBWS dan warga membuat tanggul sementara untuk menutupi tanggul yang jebol. Saat ini, air sudah mulai surut dan warga mulai menyingkirkan materiel lumpur serta menyelamatkan sejumlah peralatan rumah tangga.

"Sementara dari pemerintah desa bersama warga memberesi rumah yang terdampak," kata Danny.

(bbn/bbn)