Resmikan Jalan RM Tirto, Bima Arya: Beliau Sosok Besar

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 16:41 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meresmikan nama RM Tirto Adhi Soerjo, tokoh pers sekaligus pahlawan nasional menjadi nama jalan di Pusat Kota Bogor di momen Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021). Bima menyebut, Tirto merupakan tokoh pers sekaligus pahlawan nasional yang terlupakan.

"Rm Tirto ini orang besar, pemikir besar, pengaruhnya besar. Sangat lama terlupakan, baik sengaja maupun tidak sengaja, oleh sejarah dan elit politik. Padahal andilnya buat Indonesia sangat besar," kata Bima, Rabu (10/11/2021).

"Syarikat Dagang Islam antara lain didirikan oleh beliau, Syarikat Priaji didirikan oleh beliau, karena itu sangat lama, setelah 1 abad baru dia diakui sebagai pahlawan nasional," ucapnya.

RM Tirto memang bukan tokoh nasional yang lahir di Kota Bogor. Namun dalam sejarahnya, disebutkan bahwa pemikiran, ide, dan gagasan untuk bangkit dan melakukan perlawanan itu lahir saat ia tinggal di Bogor.

Pria kelahiran Blora Jawa Tengah itu berjuang melawan penindasan dan membela rakyat dengan tulisan-tulisannya sebagai jurnalis. Beberapa surat kabar didirikannya dan digunakan untuk melakukan kritik terhadap pemerintah saat itu. Hingga akhirnya Tirto diasingkan dan meninggal dunia.

"Beliau wafat di usia muda, usia 37 tahun, tetapi kita ikhtiarkan agar pemikirannya abadi. Kota Bogor sangat bangga mengabadikan beliau sebagai nama salah satu jalan di pusat kota, agar menginspirasi anak muda, menginspirasi jurnalis, menginspirasi politikus, tentang arti nasionlisme Indonesia sesungguhnya," kata Bima.

Selain menggunakan nama RM Tirto sebagai nama jalan, Pemkot Bogor juga akan memberi ruang untuk RM Tirto Adhi Soerjo di perpustakaan Kota Bogor yang kini masih dalam proses pembangunan.

"Kota Bogor yang sedang membangun perpustakaan Kota Bogor, akan membangun pojok Tirto Adhi Soerjo. Sebagai pembelajaran untuk generasi-generasi berikutnya," ucap Bima.

Peresmian nama jalan RM Tirto Adhi Soerjo dilakukan usai menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Dreded Kota Bogor pukul 10.30 WIB.

Selain Bima, peresmian nama jalan itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Dedie A Rachim dan perwakilan keluarga keturunan RM Tirto Adhi Soerjo, di antaranya, yakni penyanyi Dewi Yul, artis Ardina Rasti dan beberapa perwakilan keluarga lainnya.

Jalan RM Tirto Adhi Soerjo sendiri merupakan jalan penghubung antara Jalan A. Yani dan Jalan Pemuda. Lokasinya berada di pusat kota, atau hanya sekitar 2,5 kilometer dari gerbang utama Istana Bogor. Jalan RM Tirto merupakan pengganti nama Jalan Kesehatan.

Di dalam Jalan Kesehatan yang kini berganti menjadi Jalan RM Tirto Adhi Soerjo berdiri kantor Dinas Kesehatan Kota Bogor, kantor Dinas Kesbangpol Kota Bogor dan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Bogor.

Penyanyi Dewi Yul, yang merupakan salah satu cicit dari RM Tirto Adhi mengaku sangat bangga karena buyutnya mendapat apresiasi yang luar biasa dari Pemkot Bogor. Ia juga menyebut, buyutnya itu salah satu pahlawan nasional yang sempat terlupakan.

"Ini anugerah yang luar biasa bagi kami, keluarga besar yang kebetulan cicit dari RM Tirto yang bekerja dalam bidang seni bukan cuma saya, ada Mba Rasti (Ardina Rasti) juga, ini sepupu saya, mungkin juga baru terinfokan," kata Dewi Yul di Bogor, Rabu (10/11/2021).

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, karena sebagai pahlawan nasional baru pertama kali nama RM Tirto diabadikan sebagai nama jalan, ini baru pertama kali dan itu di Bogor ini. Jadi Alhamdulillah sekali," ucapnya.

(mso/mso)