Jembatan Gantung yang Ambruk di Pandeglang Mulai Diperbaiki

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 14:10 WIB
Jembatan gantung yang ambruk di Pandeglang diperbaiki
Jembatan gantung yang ambruk di Pandeglang diperbaiki (Foto: Dok DPUPR Pandeglang)
Pandeglang -

Jembatan gantung yang menjadi sarana perlintasan terdekat bagi warga Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi menuju Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Banten kini mulai diperbaiki.

Semenjak ambruk pada Jumat (15/10) lalu, jembatan itu pun kini sudah dibongkar untuk ditangani oleh pemerintah.

"Sudah mulai ditangani. Hari Senin (1/11) kemarin, jembatannya sudah dibongkar supaya bisa diperbaiki lagi," kata Kepala DPUPR Pandeglang Asep Rahmat kepada detikcom saat dihubungi, Jumat (5/11/2021).

Rencananya kata Asep, material jembatan gantung yang rusak akan diganti dengan yang baru oleh DPUPR. Mengingat, saat ini Pemkab Pandeglang sudah kekurangan anggaran untuk melelang proyek pembangunan jembatan itu dari awal.

"Itu kan tidak ada yah kegiatannya, karena memang kena musibah. Jadi, udah enggak ada paket (lelangnya), paling swakelola dan dikerjakan sendiri oleh PU karena penanganannya darurat," terangnya.

"Jadi rencananya, jembatan yang lama kami tarik dulu. Kita inventarisir mana saja yang rusak, terus nanti dibongkar dan sling sama lantai yang rusaknya aja kita ganti. Setelah beres, baru kita pasang lagi supaya bisa dipakai kembali," tambahnya.

Jika tak ada kendala, Asep menargetkan perbaikan jembatan gantung itu bisa selesai pada pekan depan. Pasalnya, jembatan tersebut menjadi akses vital untuk warga lantaran menjadi sarana perlintasan terdekat untuk sampai di desa seberang.

"Kami targetkan di pekan kedua bulan ini sudah bisa selesai. Itu soalnya sudah perintah dari Ibu Bupati supaya penanganan perbaikan jembatan itu bisa dilakukan sesegera mungkin," pungkasnya.

(mud/mud)