ADVERTISEMENT

Hakim Bebaskan Penyedia Barang Bansos COVID-19 Bandung Barat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 18:25 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung turut membebaskan M Totoh Gunawan dari perkara korupsi. Totoh dinilai hakim tak terbukti terlibat dalam perkara pengadaan barang bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Vonis bebas dibacakan hakim Surachmat dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (4/11/2021). M Totoh menyaksikan pembacaan putusan itu via virtual.

"Mengadili, menyatakan terdakwa M Totoh Gunawan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana didakwakan dalam dakwaan tunggal," ucap hakim saat membacakan amar putusannya.

Atas putusan tersebut, hakim meminta agar M Totoh Gunawan segera dibebaskan. M Totoh Gunawan sendiri saat ini mendekam di Rutan Bandung.

"Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan jaksa penuntut umum. Memerintahkan terdakwa dibebaskan segera setelah putusan ini diucapkan," kata hakim.

Putusan M Totoh Gunawan ini sama seperti putusan yang diberikan hakim kepada Andri Wibawa anak dari Aa Umbara. Andi juga divonis bebas oleh hakim.

Sedangkan dalam perkara ini, hanya Aa Umbara yang divonis hukuman penjara. Bupati Bandung Barat nonaktif itu divonis selama 5 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap Aa Umbara Sutisna dengan pidana penjara selama lima tahun dan denda Rp 250 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan selama enam bulan," ucap hakim saat membacakan amat putusannya terhadap Aa Umbara.

Aa Umbara dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi sesuai dengan Pasal 12 huruf i dan Pasal 12 huruf B UU Tipikor Jo Pasal 55 Ayat (1) KUHPidana.

Simak juga 'KPK Tahan Bupati Bandung Barat, Diduga Terima Rp 1 M dari Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT