Hari Sumpah Pemuda, Pelajar Karawang Bakar Barang Bukti Ganja

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:19 WIB
Pelajar Karawang Bakar Barang Bukti Ganja
Pelajar di Karawang memusnahkan barang bukti ganja. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Puluhan pelajar dari dua SMKN memusnahkan barang bukti kejahatan di halaman kantor Kejari Karawang. Mereka berkesempatan membakar barang bukti ganja.

Kegiatan tersebut bertepatan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kepala Kejari Karawang Martha Parulina Berliana menjelaskan dalam peringatan hari Sumpah Pemuda ini pihaknya menggelar pemusnahan barang bukti tindak pidana yang diputuskan sejak 2017 hingga dengan 2021.

"Ada dua sekolah yakni SMKN 1 dan 2 yang kami undang untuk terlibat dalam pemusnahan barang bukti kejahatan. Diharapkan dengan keterlibatan ini, para pelajar bisa tumbuh semangat Sumpah Pemuda dalam membangun kebermanfaatan di masyarakat," kata Martha usai acara pemusnahan barang bukti, Kamis (28/10/2021).

Adapun pemusnahan barang bukti dari 320 perkara itu terdiri narkotik, obat-obatan terlarang, senjata tajam, telepon genggam dan uang palsu. Barang bukti antara lain 625,50022 gram sabu, 2.506,449 gram ganja, 191.216 gram tembakau gorila, 2049 butir dan 0,210 gram ekstasi, 30 senjata tajam, 1 senjata api rakitan, 1.584 lembar uang palsu pecahan 100 ribu, 90 lembar pecahan 50 ribu, dan 221 unit telepon genggam.

Narkotik dan obat terlarang dimusnahkan dengan cara diblender, ponsel dipalu, senjata api dan tajam dipotong. Divani (16), perwakilan pelajar dari SMKN 2 Karawang, mengaku baru kali pertama mengikuti pemusnahan barang bukti.

"Ini pengalaman pertama saya ikut bakar barang bukti kejahatan. Kesannya senang dan juga bangga. Saya juga baru lihat narkoba langsung, karena biasanya hanya baca di buku, terus lihat di berita," kata Divani yang saat ini duduk dibangku kelas 12.

Di lokasi pemusnahan barang bukti, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pemusnahan barang bukti ini yang melibatkan pelajar semoga bisa menjadikan para pelajar berpikir maju dalam membangun Indonesia.

"Tadi kita semua sudah melihat bagaimana barang bukti begitu banyak dimusnahkan dan ini harus menjadi pemikiran bersama, khususnya bagi generasi nanti. Semoga dalam peringatan Sumpah Pemuda ini, pemuda bisa lebih maju dalam membangun bangsanya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar," ujar Cellica.

Simak juga 'Menegangkan! Penggerebekan Rumah Bandar Sabu di Empat Lawang':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)