Rumah Dibongkar Satpol PP, Lansia Sukabumi Ngungsi di Emperan Toko

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 16:52 WIB
Rumah Lansia Dibongkar Satpol PP Sukabumi
Rumah dan warung pasangan lansia yang dibongkar petugas Satpol PP Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Slamet (61) terlihat menggigil kedinginan. Dia juga tampak kelelahan usai memindahkan peralatan jualan dan perabotan karena warung sekaligus rumahnya dibongkar petugas Satpol PP Kabupaten Sukabumi.

Slamet mengaku sudah tinggal selama sembilan tahun di bangunan semi permanen yang kini hanya tinggal puing, Jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Dia sehari-hari tinggal bersama istrinya, Sarinah (55). Sementara putrinya kuliah di salah satu universitas di Kota Sukabumi.

"Saya jualan bakso dan mi ayam. Tapi karena COVID-19, pelanggan sepi. Akhirnya banting setir jualan kopi dan bensin eceran. Tadi dibongkar sekitar jam 10.00 WIB. Katanya, Satpol PP hanya menjalankan tugas begitu dan perintah. Saya enggak paham," ucap Slamet.

Rumah Lansia Dibongkar Satpol PP SukabumiRumah dan warung milik pasangan lansia yang dibongkar petugas Satpol PP Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Slamet menunjukkan puing-puing di bekas rumah sekaligus warung yang selama ini huni. Dia mengaku sudah tiga kali menerima surat peringatan untuk meninggalkan bangunan tersebut.

"Betul melayangkan sebanyak tiga kali surat peringatan, tapi saya bingung enggak ada tempat lagi buat tinggal. Tidak punya saudara, saya asli kelahiran Jabar, namun tinggal di Jawa Tengah," katanya.