Tren Kasus Corona Turun, RSHS Tarik 'Pasukan COVID-19'

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 18:09 WIB
Ilustrasi Dokter
Ilustrasi tenaga medis (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mulai menarik pasukan tenaga kesehatan (nakes) khusus penanganan COVID-19. Ruangan untuk perang melawan virus Corona pun dialihkan kepada peruntukannya semula. Hal itu menyusul mulai menurunnya angka kasus terkonfirmasi virus Corona di rumah sakit tersebut.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS Yana Akhmad melaporkan, dari 130 tempat tidur khusus pasien COVID-19, yang terisi hanya 9. Artinya okupansi tempat tidur (BOR) COVID-19 di RSHS hanya berkisar 0,07 persen. Sementara itu hanya ada dua orang suspect COVID-19 di IGD yang masih diobservasi.

Menurut Yana, para nakes yang ditarik itu akan kembali ditugaskan untuk melayani pasien umum non-Covid. Sebab, tren penyakit lainnya mulai mengalami peningkatan. RSHS juga mulai mengurangi jumlah relawan penanganan COVID-19.

"Tentu saja kondisi saat ini ini sudah turun dan landai. Maka kami sudah merelokasi kembali penggunaan fasilitas Covid menjadi non-Covid. Karena trennya pasien non-Covid juga sudah mulai meningkat, kebutuhan tempat tidur kami alihkan," ucap Yana.

"Tentu saja pengalihan tempat tidur ke non-Covid ini, sekaligus juga kami merelokasi kembali nakesnya termasuk dokter perawat untuk melayani pasien non-Covid. Jadi, secara umum kami relokasi TT maupun nakesnya," kata Yana melanjutkan.