Rahasia Bisnis Mak Erot Tetap Perkasa di Tengah Amukan Pandemi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 17:55 WIB
Bisnis reparasi alat vital warisan Mak Erot tetap perkasa di tengah Pandemi
Bisnis reparasi alat vital warisan Mak Erot tetap perkasa di tengah Pandemi (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Nama Mak Erot seolah identik dengan reparasi Mr P atau alat vital pria, badai pandemi yang terjadi selama dua tahun terakhir ternyata tidak membuat bisnis terapi itu loyo. Masih ada saja tamu yang datang dan menjalani terapi.

Aa Akmal, cucu Mak Erot mengatakan tamu yang datang justru beralasan momen di rumah saja adalah kesempatan untuk banyak membuktikan keperkasaan kepada pasangan di rumah. Serangkaian protokol kesehatan juga dijalani antara terapis dan pasiennya.

"Syarat pertama ada Swab, PCR dan rapid test. Itu dilakukan kepada pasien maupun terapis, biasanya janji temu juga disesuaikan dan diatur untuk menghindari kerumunan," kata Akmal kepada detikcom, di Kampung Cigadog Tonggoh, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/10/2021).

Akmal mengatakan, di awal pandemi praktik pemijatan tradisional ala Mak Erot memang sempat diliburkan. Ketika status menyesuaikan dengan level PPKM, praktik kembali berjalan. Mereka yang datang bahkan ada yang dari luar kota.

"Karena memang mau tidak mau kan menyesuaikan dengan kondisi pandemi, setelah aturan longgar pasien kembali berdatangan bahkan hingga luar kota. Kami juga menyimak setiap perkembangan status level PPKM, nah kenapa kami bertahan karena mayoritas tamu yang datang beralasan momen di rumah justru untuk buktikan keperkasaan kepada istri di rumah," jelas Akmal.

Istilah "Ayaman"

Bagi praktisi terapis Mak Erot asli istilah ayaman kerap disematkan kepada pasien yang ingin menjalani terapis dengan keluhan mudah keluar atau belum apa-apa sudah loyo.

"Kadang bisa saja karena pikiran, atau ada disfungsi ereksi sudah berobat kemana-mana tapi tidak kunjung sembuh. Nah melalui pemijatan kami, keluhan itu bisa diperbaiki. Jadi bukan identik dengan membesarkan alat vital saja tapi juga membantu memulihkan kondisi Mr P yang kena gejala ayaman baru main sekian menit sudah loyo, badan kita saja kalau pegal-pegal pasti yang dicari tukang pijat kan," beber Akmal.

"Jadi tidak sekedar membuat besar, karena kalau sekedar besar saja untuk apa. Memulihkan kondisi Mr P yang loyo menjadi besar kuat dan tahan lama melalui terapi yang kami lakukan," sambung dia.

Sebelumnya, Akmal bersama anak-anak Mak Erot H Tobi, Buyak dan Nahrudin ayahnya terpaksa turun gunung untuk menangkal terapis abal-abal yang menjual nama Mak Erot untuk terapi Mr P namun pada praktiknya mereka menggunakan bahan kimia.

Akmal menyarankan kepada mereka yang ingin terapi untuk mencari tahu lebih dulu sebelum memasrahkan prosesi perbaikan alat vital kepada terapis abal-abal yang menjual nama neneknya.

"Bisa menghubungi saya langsung di nomor 081248433395 atau 083874520005 nanti akan saya bantu untuk memastikan apakah terapis yang didatangi itu asli keturunan Mak Erot atau bukan, karena ketika salah masuk ke terapis sembarangan bisa fatal untuk kesehatan alat vital," pungkas Akmal.

(sya/mud)