Kabar Gembira! TNG Ciremai Bakal Kedatangan 4 Elang dan 3 Kucing Hutan

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 17:03 WIB
Taman Nasional Gunung Ceremai bakal kedatang sejumlah satwa baru
Taman Nasional Gunung Ceremai bakal kedatang sejumlah satwa baru (Foto: Dok TNGC)
Majalengka -

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bakal kedatangan penghuni baru. Sebanyak 4 ekor burung elang dan 3 ekor kucing hutan siap dilepasliarkan di kawasan TNGC dalam waktu dekat.

Kepala Balai TNGC Teguh Setiawan mengatakan, 7 ekor satwa tersebut berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Cikananga, Sukabumi. Saat ini satwa-satwa itu tengah proses habituasi di kandang khusus yang telah disediakan.

"Satwa itu datang hari Minggu pagi kemarin. Sekarang sedang menjalani proses habituasi di Bumi Perkemahan Cipanten Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah II Majalengka," kata Teguh saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (25/10/2021).

Menurutnya proses habituasi sendiri merupakan standar operasional prosedur (SOP) yang wajib dilakukan sebelum melepasliarkan satwa. Habituasi sendiri rencanannya akan dilakukan selama 5 hari kedepan.

"Jadi SOP-nya sebelum satwa itu dilepasliarkan ada proses habituasi, semacam adaptasi pengenalan dengan kawasan sekitar. Itu minimal 5 hari sebelum dilepasliarkan," ungkapnya.

Teguh juga mengungkapkan ketujuh satwa yang terdiri dari 2 ekor elang ular bido, 2 ekor elang brontok dan 3 ekor kucing hutan dalam kondisi sehat. Itu terlihat saat satwa-satwa itu dikeluarkan dari kandang angkut ke kandang habituasi.

Rencananya pelepasliaran satwa tersebut akan dilakukan pada Kamis 28 Oktober 2021 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. "Rencana hari Kamis 28 Oktober, kita ambil momen Hari Sumpah Pemuda," tutup Teguh.

(mud/mud)