Seminggu Berlalu, Jembatan Gantung Ambruk di Pandeglang Belum Diperbaiki

Rifat Alhamidi - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 13:14 WIB
Jembatan gantung yang ambruk di Pandeglang belum diperbaiki.
Foto: Jembatan gantung yang ambruk di Pandeglang belum diperbaiki (Istimewa).
Pandeglang -

Aktivitas warga di Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Pandeglang, Banten, hingga kini masih terhambat imbas ambruknya jembatan gantung pada Jumat (15/10). Pasalnya, sarana perlintasan terdekat menuju Desa Karyasari, Kecamatan Sindangresmi, ini sudah lebih dari seminggu masih belum diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Kondisi ini pun terlihat dalam foto yang dikirim Sekretaris Desa Pasirloa Ruyat kepada detikcom, Minggu (24/10/2021). Ia mengatakan, semenjak kejadian, jembatan gantung tersebut masih dibiarkan dalam kondisi menjuntai ke aliran Sungai Ciliman, Pandeglang.

"Belum pak, belum ada perbaikan," katanya saat dihubungi.

Ruyat menyebut untuk memudahkan akses sementara, warga di desanya berinisiatif membuat perahu eretan berupa rakit berbahan bambu supaya masyarakat bisa menyebrang ke desa sebelah. Foto-foto warga yang melintas menggunakan rakit ini pun ia kirim kepada wartawan melalui pesan singkat WhatsApp.

"Kalau rakit, itu saya tahu infonya dari hari Kamis pak. Soalnya sebelum-sebelumnya, itu enggak ada kabar ada rakit di sana. Sebelum ada rakit mah jalannya pada muter jauh pak," ungkapnya.

Ia berharap jembatan gantung yang ambruk itu segera diperbaiki oleh pemerintah. Pasalnya, jembatan tersebut merupakan akses vital bagi warganya karena yang paling terdekat untuk melintas ke desa seberang.

"Mohon dibantu pak karena ini akses kami satu-satunya. Kalau tidak ada tindak lanjut kayak perbaikan jembatan, kami kewalahan juga pak karena jalannya yang harus memutar," pungkasnya.

(mso/mso)