Kolaborasi dengan BUMN, BUMD Jabar Siap Pasok Tangki BBM untuk Pertashop

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 19:31 WIB
BUMD Jabar
Foto: Istimewa
Bandung -

PT Jaswita Bumi Persada anak perusahaan BUMD Jabar PT Jaswita mengembangkan pertashop atau SPBU Pertamina mini di seluruh tanah air. Ini dilakukan guna memasok kebutuhan tangki bahan bakar minyak (BBM).

Dalam pelaksanaannya, PT Jaswita Bumi Persada berkolaborasi dengan PT Pindad Internasional Logistik. Pasokan kebutuhan tangki ini dilakukan mulai tahun ini hingga tahun depan.

"Ini kerjasama kemitraan strategis kami. Ini juga bentuk sinergitas antara BUMD dengan BUMN," ucap Direktur Utama PT Jaswita Bumi Persada Eko Galih Pribadi dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/10/2021).

Penandatanganan MoU sudah dilakukan antara kedua belah pihak. Menurut Eko, tahap awal pihaknya memasok sebanyak 100 tangki BBM untuk pemenuhan bahan baku pertashop. Dia memastikan setiap tangki memiliki kapasitas 800 liter dengan standar sesuai yang dikeluarkan Pertamina.

"Untuk kebutuhan 2021 sampai 2022 mendatang sebanyak 1.500. Kami berupaya maksimal agar bisa memenuhi. Kami bersama produsen tangki dalam negeri lainnya terus mengembangkan produk ini," tutur dia.

Eko mengatakan PT Jaswita Bumi Persada akan terus mengembangkan sektor usaha yang saat ini fokus bergerak pada bidang perdagangan besar. Selain itu, kata dia, PT Jaswita Bumi Persada juga menjalankan usaha di bidang konstruksi dan properti.

Pada bidang konstruksi dan properti, sambung Eko, pihaknya tengah memasarkan perumahan siap bangun di Kota Banjar. Di atas lahan 7 hektare, siap dibangun 407 unit rumah bagi masyarakat.

"Perumahan siap bangun. Sekarang sudah mulai, tanah sudah ready. Jadi kami membangun rumah sesuai order," kata dia.

Pada sektor konstruksi, pihaknya menerima pesanan pembangunan yang segera dilakukan salah satunya berkaitan dengan pembangunan hotel.

Di sisi lain, PT Jaswita Bumi Persada juga ikut bergerak di bidang kesehatan dengan melakukan uji sample COVID-19 bagi masyarakat umum.

Adapun untuk sektor perdagangan besar yang menjadi bisnis utamanta, PT Jaswita Bumi Persada memasok kebutuhan beras, minyak goreng, dan kebutuhan pangan lainnya.

Sementara itu, Dirut PT Jaswita Jabar Deni Nurdiana menambahkan kerja sama dengan PT Pindad ini dilakukan sebagai bentuk kolaborasi dengan BUMN. Kerja sama ini juga selaras dengan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Kami melaksanakan arahan gubernur agar BUMD bersinergi dengan BUMN. Apapun bentuk kerjasamanya, semoga bisa memberi manfaat terutama untuk meningkatkan pendapatan masing-masing perusahaan," ujar Deni.

(dir/mso)