Risma Siap Bantu Penataan Kawasan Makam Cut Nyak Dien di Sumedang

Nur Azis - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 13:44 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke makam Cut Nyak Dien di Sumedang.
Foto: Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke makam Cut Nyak Dien di Sumedang (Nur Azis/detikcom).
Sumedang -

Menteri Sosial Tri Rismaharini berencana membantu Pemkab Sumedang dalam upaya penataan kawasan makam Pahlawan Nasional asal Aceh Cut Nyak Dien. Hal itu dia sampaikan saat berziarah ke makam Cut Nyak Dien di Sumedang.

"Cerita dengan Pak Bupati memang ada rencana dari Pemerintah Daerah membuat master plan penataan kawasan makam, nanti kita lihat dulu desainnya seperti apa mudah-mudahan bisa membantu dengan anggaran kita yang terbatas," ungkap Tri Rismaharini yang akrab dipanggil Risma saat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional asal Aceh Cut Nyak Dien di Kabupaten Sumedang, Jumat (22/10/2021).

Risma mengatakan pihaknya juga berencana akan melakukan pemetaan terkait penataan yang sama ke sejumlah makam pahlawan nasional lainnya yang tersebar di Indonesia.

"Kami akan menandai dulu nanti, saya akan coba berkeliling untuk menemukan makam-makam pahlawan yang kondisinya seperti ini (makam Cut Nyak Dien)," terang Risma dengan didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Disinggung soal rencana pembebasan lahan di sekitar makam Cut Nyak Dien, dikatakan Risma, pihaknya masih menunggu desain dari rencana Pemerintah Daerah kaitanya dengan pembuatan jalur baru sebagai akses langsung menuju makam Cut Nyak Dien.

"Tadi ada rencana karena akan dibuat jalur baru, nanti kita lihat rencana daerah dulu, nanti mungkin kami juga tidak bisa sendiri nanti mungkin harus melibatkan Pemerintah Aceh, Tokoh-tokoh masyarakat, sejarawan, karena Pahlawan Cut Nyak Dien, makam Cut Nyak Dien ini milik bersama seluruh Bangsa Indonesia," ucapnya.

Selain itu, dia mengaku kaget saat baru mengetahui bahwa makam Pahlawan Nasional asal Aceh Cut Nyak Dien dimakamkan di Sumedang.

"Jadi saya kemarin buka-buka (buku) tentang pahlawan kemudian ada yang ngasih tahu 'itu makam Cut Nyak Dien di Sumedang' 'ah masa' nah saya aja baru tahu apalagi anak-anak gitu kan," ungkap Risma jujur kepada awak media.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada menteri terkait rencana pembuatan akses gerbang baru untuk menuju makam Cut Nyak Dien.

Terkait hal itu, kata Dony, diperlukan pembebasan lahan dimana Detail Engineering Design (DED) ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Nanti setelah DED beres untuk pembangunan dan pembebasan lahanya akan kita usulkan ke Ibu Menteri dan juga institusi terkait lainnya termasuk dari Pemerintah Aceh pun akan kita ajak, setidaknya kalau sudah ada DED terkait penataan, pembebasan lahan, dan pembangunan akan baik lagi," terang Dony.

Selain itu, kata Dony, sarana parkir pun tidak luput menjadi perhatiannya. Pasalnya, para peziarah yang jumlahnya cukup banyak kerap kali memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

"Dengan tempat parkir yang memadai tentunya akan membuat kenyamanan kepada para peziarah," ujarnya.

(mso/mso)