Jabar Hari Ini: Teras Cihampelas Mati Suri-Polisi Smackdown Mahasiswa Ditahan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 21:38 WIB
Polisi bubarkan demo mahasiswa di Tangerang
Foto: 20Detik
Bandung -

Pengusutan kasus Pinjaman Online (Pinjol) ilegal di Sleman oleh Polda Jabar masih berlanjut. Kesaksian korban Pinjol mengenai besarnya bunga dan teror sungguh mengerikan. Selain itu polisi yang smackdown mahasiswa di Tangerang ditahan 21 hari.

Dua berita di atas adalah berita yang populer di Jawa Barat-Banten hari ini, Kamis (21/10/2021). Ada tiga berita lainnya yang redaksi himpun. Berikut lima berita Jawa Barat-Banten hari ini:

1. Utang Rp 5 Juta Dalam 1 Bulan Harus Bayar Rp 80 Juta

Polda Jawa Barat mengungkap besarnya bunga yang diterapkan oleh perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal di Sleman. Besarnya bunga sangat tidak manusiawi, sementara piutangnya kecil.

"Jadi sebenernya, pasar dari pinjol ini adalah sangat kecil ya mikro jadi ada yang Rp 2 juta, Rp 5 juta kemudian Rp 10 juta. Tapi bunganya yang memang sangat fantastis dihitung per hari," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (21/10/2021).

Untuk bunganya sendiri, kata Arief bervariatif. Ada yang mendapat bunga 4 persen bahkan hingga 10 persen per hari dari nominal yang dipinjam.

"Jadi ini masih variatif, tapi yang jelas bunganya per hari dan sangat fantastis," kata Arief.

Menurut dia, dari pemeriksaan mendalam terhadap pelaku yang dilakukan penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar yang dipimpin oleh Kasubdit V Siber Kompol A Prasetya ada korban yang mendapatkan bunga hingga puluhan juta.

"Sebagai ilustrasi, satu korban yang meminjam Rp 5 juta itu dalam waktu satu bulan harus mengembalikan Rp 80 juta kurang lebih, ini luar biasa," tuturnya.

Untuk kasus Pinjol ini, Polda Jabar membuka hotline pengaduan di nomor 081234550405. Menurut Arief, nomor itu sudah dibuka sejak kemarin.

"Tadi malem kami cek, dari anggota yang memegang telepon tersebut kurang lebih sudah masuk 10 pengaduan yang terkait dengan laporan yang terjadi terkait pengungkapan kasus ini," tutur dia.

Sementara itu TM (39), warga Bandung yang merupakan korban Pinjol di Sleman mengaku fisik dan psikisnya terganggu dengan teror yang dilancarkan debt collector Pinjol. Bahkan ia mengaku dituduh bandar narkoba dan disebarkan pada keluarga dan juga kerabat.

Berita selanjutnya muka bocah melepuh karena ditempelkan ke knalpot oleh pelajar SMA di Cirebon...