Hujan Angin Landa Bandung, Pesawat Berputar Belasan Kali Kagetkan Warga

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 20:20 WIB
Pesawat muter-muter belasan kali saat hujan deras di Bandung
Foto: Foto: Flightradar24
Bandung -

Di tengah hujan deras disertai angin yang mengguyur Kota Bandung, warga sekitar Bojongsoang-Ciparay dikagetkan dengan sebuah pesawat berputar-putar hingga belasan kali.

Pemandangan itu sempat mencuri perhatian dari warga wilayah tersebut. Warga pun sempat merekam kejadian pada maghrib, Kamis (21/10/2021), melalui ponselnya.

"Ini putaran ke-16, sudah berapa kali ini teh," ujar salah seorang warga dalam video amatir yang diterima detikcom. Dalam video berdurasi 19 detik itu, terlihat pesawat tersebut terbang di antara hujan lebat.

Hal sama dikatakan Wildan, warga Bojongsoang. "Lebih dari 10 kali ini pesawat dari tadi muter-muter terus, kaget mana lagi hujan," ujarnya.

Dilihat dari flightradar24, pesawat tersebut berasal dari maskapai yang membawa penumpang dari Medan (KNO) menuju Bandung (BDO). Pesawat pun tampak berputar beberapa kali, sehingga jalurnya tampak seperti gulungan tali.

Executive General Manager (EGM) Bandara Husein Sastranegara R Iwan Winaya Mahdar membenarkan jika pesawat tersebut sempat tertahan di udara. Salah satu faktornya adalah cuaca ekstrem. Sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB, Kota Bandung memang diguyur hujan deras.

"Alhamdulillah sudah mendarat, tapi sempat tertahan karena hujan lebat," ujar Iwan saat dikonfirmasi detikcom.

Ia mengatakan, hujan lebat membuat jarak pandang dari jadi terbatas. Kemungkinan, ujar Iwan, pilot pesawat bermanuver berputar terlebih dahulu untuk mencari jarak pandang yang aman.

"Visibility-nya terbatas, jarak pandang. Menunggu jarak pandang," ucap Iwan.

Simak juga video 'Sebagian Wilayah Indonesia Cerah Berawan-Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/ern)