Gelisah Petani Gegara Bandar Beli Murah Stroberi

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 07:53 WIB
Petani Stroberi di Ciwidey Bandung
Stroberi (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sejumlah petani stroberi di Ciwidey Bandung diterpa kegelisahan. Sebab hasil panen mereka dibeli murah oleh bandar. Murahnya harga jual ke bandar mempengaruhi kepada jumlah pemasukan kepada para petani.

"Duh kalau sekarang mah babak belur. Sekilo sekarang udah di bawah Rp 20 ribu," ujar Atep (43) di kebun stroberi miliknya, Desa Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (20/10/2021).

Ia memiliki sekitar dua ribu karung bibit stroberi. Buah miliknya itu sering kali panen dalam dua hari sekali. Dalam sebulan dapat menghasilkan 80 kilogram.

Bila dikalikan dengan harga sekarang, pendapatannya per bulan turun drastis hingga 50 persen. Biasanya, kata Atep, pendapatannya per bulan berkisar Rp 30 juta.

"Biasanya bisa sampai 30 juta. Itu kan kotor, bayar pegawai habis 10 juta, belum perawatan, biaya sewa dan biaya bulanan di rumah," ucapnya.

Hal sama dirasakan Warmah (57). Ia kini memiliki tiga ribu karung bibit stroberi. Ia pun sama dengan Atep, menjual hasil panennya ke bandar.

"Murah sekali sekarang mah, cuma 15 ribu. Agak naik dikit jadi 20 ribu, itu juga dapat dipilih yang bagusnya saja," ucap Warmah.