Kasus Ganja hingga Sabu, 43 Orang Diringkus Polisi di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 19:41 WIB
Narkoba di Sukabumi
Polres Sukabumi mengungkap sejumlah kasus narkoba. Sebanyak 43 orang ditangkap dalam kurun waktu 2,5 bulan ini. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Dalam kurun waktu 2,5 bulan terakhir ini polisi menangkap 43 orang yang terlibat kasus narkoba di Kabupaten Sukabumi. Barang bukti yang disita polisi berupa ganja, sabu, ganja sintetis (sinte) dan obat keras.

"43 tersangka dan bukti sabu 109,77 gram, ganja 184,69 gram, sinte 12,08 gram, dan obat keras 7126 butir," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah di Aula Presisi Mapolres Sukabumi, Selasa (19/10/2021).

Dedy mengatakan pihaknya terus konsisten memberangus narkoba di wilayah hukumnya. "Sepanjang Oktober ini kita mengungkap enam tersangka kasus narkoba dan obat-obatan. Tersangka kasus ganja kering sebanyak tiga orang dengan barang bukti 86 gram. Kasus sabu sebanyak dua tersangka dengan barang bukti 31,95 gram. Tersangka kasus obat keras terbatas ada satu tersangka yang barang buktinya 2.362 butir," tutur Dedy.

Mayoritas tersangka yang diringkus itu berperan sebagai pengedar. "Modus operandinya dengan ditempel di tempat-tempat tertentu," ucap Dedy sambil menambahkan pihaknya masyarakat untuk berperan aktif melapor saat mendapat informasi soal peredaran narkoba.

Kasat Narkoba AKP Kusmawan mengatakan profesi atau latar belakang pelaku beragam mulai dari pengangguran hingga kerja serabutan. "Dari seluruh rangkaian yang diungkap, tidak ada keterkaitan satu dengan yang lain atau beda-beda pemain. Sasaran penjualan mereka random, yang penting mereka menghasilkan uang," tutur Kusmawan.

(sya/bbn)