Terkuak Tugas Khusus Bos Pinjol Ilegal Sleman

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 17:21 WIB
Bandung -

Polisi menangkap bos perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang berkantor di Sleman, Yogyakarta. Sebagai bos, pria berinisial RSO ini memiliki tugas khusus. Apa perannya?

"Secara umum dia mengendalikan seluruh kegiatan pinjol ini," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

RSO dibekuk tim Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar pada Selasa (19/10/2021). Dia ditangkap tim yang dipimpin Kasubdit V Siber Kompol A Prasetya di Jakarta.

Kembali ke tugas bos pinjol. Arief juga menyebut RSO memiliki tugas spesifik dalam pelaksanaan kerja pinjol ilegal. Salah satunya menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung praktik pinjol.

"Secara spesifik menyiapkan segala fasilitas untuk jalannya perusahaan diantaranya meneruskan dan menjalankan link aplikasi pinjol yang sudah di buat tim IT kepada asisten manager yang di Yogyakarta," tuturnya.

"(Kemudian) merekap progres pembayaran dan penagihan, ketiga menyediakan perangkat keras komputer laptop serta nomor-nomor telepon yang digunakan oleh desk collector untuk melakukan penagihan," kata Arief menambahkan.

Dengan penangkapan RSO, total sudah ada 8 tersangka yang ditahan berkaitan kasus pinjol ilegal. Kasus ini ditangani Polda Jabar.

(dir/bbn)