Sungai Cileueur, Lokasi Insiden Maut yang Tewaskan 11 Siswa

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 15:33 WIB
Sungai Tempat 11 Siswa Ciamis Tewas
Sungai Cileueur (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebanyak 11 siswa tewas akibat tenggelam di Leuwi Ili Sungai Cileueur, Desa Utama, Ciamis, saat susur sungai. Berikut gambaran mengenai Sungai Cileueur tersebut.

Sungai Cileueur merupakan salah satu sungai besar di Kabupaten Ciamis. Alirannya berasal dari hulu di Gunung Sawal yang melintasi perkotaan Ciamis hingga ke Kecamatan Cijeungjing.

Lebar Sungai Cileueur bervariatif, namun rata-rata sekitar lima hingga tujuh meter. Ada beberapa bagian yang lebarnya bisa sampai sekitar 10 meter. Hal ini akibat terkikis aliran sungai saat arus deras.

Namun untuk di area lokasi tenggelamnya 11 siswa MTs Harapan Baru, Cijantung, ini lebar sungai sekitar tujuh meter. Pada bagian itu tepatnya di tikungan sungai terdapat Leuwi yang dasarnya cukup dalam.

Sungai Cileueur ini secara umum tidak dalam dan banyak bebatuan yang terlihat dipermukaan. Tapi ada beberapa bagian yang memang dalam sekitar 2-3 meter.

Sebetulnya Sungai Cileueur ini indah dengan air yang cukup jernih. Bahkan di hulu tepatnya di Desa Gunungsari, Sadananya, dijadikan sebagai lokasi wisata yakni Cadas Ngampar.

Suryana (65) warga setempat menjelaskan khusus aliran Sungai Cileueur yang melintas di Desa Utama terdapat beberapa Leuwi yang dalam. Salah satunya Leuwi Ili yakni lokasi insiden susur sungai.

"Para siswa yang menyeberang sungai itu di dekat Leuwi Ili, lebarnya tujuh meter ke sisi sebelahnya. Tapi sebagian ada yang menyeberang di sekitar Leuwi," kata dia, Selasa (19/10/2021).

Sungai Tempat 11 Siswa Ciamis TewasSungai Cileueur (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)