Belasan Siswa dan Guru di Bandung Positif Terpapar COVID-19

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 15:06 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko).
Bandung -

Belasan siswa dan guru di Kota Bandung positif terpapar COVID-19. Hal itu diketahui setelah Dinkes Kota Bandung menggelar test PCR secara acak ke sejumlah sekolah yang menggelar PTM.

"Kita sudah lakukan 1.578 tes kepada warga sekolah, siswa dan guru. Yang sudah keluar hasil 348 orang, ternyata hasil dari 348 yang positif 14 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani di Balai Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

Rosye tak menyebut secara rinci jumlah guru dan siswa dari 14 orang yang positif itu berasal dari sekolah mana. Namun menurutnya jumlah itu tersebar di beberapa sekolah.

"Tersebar di beberapa sekolah, kita tindaklanjuti sekolah mana saja yang ada yang positif, kita lakukan 3T dan tentunya yang masuk kontak erat kita lakukan pemeriksaan," ucapnya.

Sejauh ini tidak ada sekolah yang ditutup. Pasalnya, kata dia, 14 orang positif itu tersebar dan tidak menumpuk di satu sekolah.

"Karena 14 ini tidak menumpuk di satu sekolah, ini tersebar, ada yang satu, ada yang beberapa, bahkan ada yang nol (0)," ujarnya.

Tes PCR acak ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. Hasil sementara ada yang positif, disimpulkan jika COVID-19 masih ada.

Rosye meminta masyarakat agar tetap waspada, menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang lebih besar.

"Artinya COVID-19 masih ada, pemeriksaan ini merupakan antisipasi, antisipasi bagaimana kondisi yang ada, kalau ada yang positif," jelasnya.

Rosye menambahkan, target PCR acak terhadap masyarakat sekolah antara 3-5 ribu orang. "Kemungkinan 3-5 rihubfiluar yang positif, itu target ya," pungkasnya.

(wip/mso)