Pemkot Bandung Angkat Tangan soal Bonus Atlet PON, Ini Kata Ridwan Kamil

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 14:33 WIB
Ridwan Kamil hadiahi dua pantun untuk Khofifah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku tak memiliki anggaran untuk memberikan uang bonus atau 'kadeudeuh' kepada atlet peraih emas asal Bandung. Ia pun berharap ada kucuran bonus dari provinsi kepada atlet-atlet asal Kota Kembang.

Menanggapi itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan ada atau tidak adanya bonus itu merupakan kewenangan dari masing-masing kepala daerah. Hanya saja, jangan sampai tak adanya apresiasi membuat atlet yang telah berjuang menjadi kecewa.

"Atlet kan mewakili kota/kabupaten di ajang tertentu, kemudian naik kelas di level Jabar, naik kelas mewakili Indonesia. Makanya waktu Olimpiade kan memang bukan level provinsi tapi seperti Widya Cantika, Sinisuka Ginting kita kasih, walau di level pusat dikasih," kata Emil, sapaannya, di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

"Saya tidak bisa menilai karena keterbatasan atau apa, jangan sampai atletnya pundung (kecewa)," ucap dia melanjutkan.

Pemprov Jabar, kata Emil, telah kehilangan Rp 5 triliun sebagai dampak dari pandemi ini. Namun, dari penghematan atau realokasi anggaran yang dilakukan, sebenarnya ada alokasi dana dari pos anggaran yang bisa dialihkan.

"Walau kami hilang Rp 5 triliun kami cari penghematan-penghematan, dari pos yang lain yang sebenarnya bukan untuk olahraga kita geser untuk memberikan apresiasi dan berapa pun jadi tanda rasa perhatian kepada atlet," tutur Emil.