Cakades Ngumpul di Rumah Ayah Bupati, Pemkab Lebak Bantah Ada Politisasi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 14:46 WIB
Surat undangan untuk cakades di Lebak.
Surat undangan untuk cakades di Lebak (Foto: Istimewa).
Lebak -

Pemkab Lebak membantah ada politisasi saat mengumpulkan seluruh calon kepala desa di rumah eks Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya yang juga bapak dari bupati Lebak saat ini Iti Octavia Jayabaya. Meski dilakukan di rumah mantan bupati, pertemuan dilakukan untuk deklarasi damai jelang Pilkades pada 24 Oktober 2021.

"Banyak yang suuzan acara akan mengarah pada politisasi calon kades. Acara kemarin sesuai kewajiban bupati yang diatur dalam ketentuan UU menjaga kondusifitas wilayah perlu dilakukan upaya-upaya antisipasi, salah satunya deklarasi damai dan dilakukan bersama Forkopimda," kata Seda Pemkab Lebak Budi Santoso kepada detikcom, Selasa (19/10/2021).

Pemilihan lokasi di rumah mantan bupati karena di situ ada hanggar terbuka dengan kapasitas 3.000 orang. Parkiran juga luas dan rumah ayah bupati Iti itu pun sering digunakan untuk vaksinasi.

Undangan yang datang juga sudah divaksinasi. Kurang lebih yang hadir katanya ada 800 orang. Panitia juga menyiapkan masker dan tempat duduk yang disusun berdasarkan prokes.

"Dan acara kemarin sudah bisa disaksikan oleh semua, tidak ada sedikitpun yang bicara masalah politik. Bupati, Kapolres, Kajari, Dandim dan H Mulyadi Jayabaya menyampaikan pentingnya pilkades yang aman, damai dan kondusif di Lebak," ujarnya.

Informasi seluruh calon kades dikumpulkan berdasarkan surat Nomor 005/1768-P3D/2021 tertanggal 15 Oktober dan disampaikan ke Camat se-Kabupaten Lebak. Di surat itu, dalam rangka tahapan pemilihan kepala desa pada 24 Oktober, camat diminta menghadirkan seluruh calon kepala desa di wilayah masing-masing. Undangan disampaikan untuk menghadiri deklarasi damai calon kepala desa se-Lebak.

Tempat dikumpulkannya calon kades di Jalan Raya Pandeglang Km 7. Tertera dengan tulisan ditebalkan bahwa pelaksanaan dilakukan di rumah Mulyadi Jayabaya.

(bri/bbn)