Seluruh Cakades Dikumpulkan di Rumah Ayah Bupati Lebak, Ada Apa?

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 10:36 WIB
Surat undangan untuk cakades di Lebak.
Foto: Surat undangan untuk cakades di Lebak (Istimewa).
Lebak -

Seluruh calon kepala desa di Kabupaten Lebak dikumpulkan di rumah eks Bupati Mulyadi Jayabaya yang juga bapak dari bupati aktif saat ini Iti Octavia Jayabaya. Mereka dikumpulkan jelang dilaksanakannya Pilkades Serentak.

Informasi dikumpulkannya calon kades ini berdasarkan surat dari Sekda Lebak Budi Santoso. Surat dengan Nomor 005/1768-P3D/2021 tertanggal 15 Oktober dan disampaikan ke Camat se-Kabupaten Lebak.

Di surat itu, dalam rangka tahapan pemilihan kepala desa pada 24 Oktober, camat diminta menghadirkan seluruh calon kepala desa di wilayah masing-masing. Undangan disampaikan untuk menghadiri deklarasi damai calon kepala desa se-Lebak.

Pelaksanaan deklarasi itu dilaksanakan pada Senin (18/10) kemarin pada pukul 09.30 WIB. Tempat dikumpulkannya calon kades di Jalan Raya Pandeglang Km 7. Tertera dengan tulisan ditebalkan bahwa pelaksanaan dilakukan di rumah Mulyadi Jayabaya.

Surat ini pun ditandatangani oleh Sekda Budi Santoso dengan tembusan ke Bupati Lebak. Unsur forum koordinasi pimpinan di kecamatan juga diminta agar hadir di agenda tersebut.

Kabag Humas Protokol Setda Kabupaten Lebak Eka Prasetiawan dikonfirmasi membenarkan adanya pertemuan tersebut. Acara pun katanya sudah berlangsung pada kemarin dan dihadiri oleh calon kepala desa.

"Jadi, yang hadir para calon kepala desanya ya," ujar Eka dikonfirmasi.

Pemilihan kediaman eks Bupati Lebak dipilih karena tempatnya cukup besar untuk menampung seluruh cakades. Tapi, Eka perlu memastikan ke Sekda alasan lain atas dipilihnya rumah dari bapak bupati Lebak sebagai lokasi deklarasi damai.

"Karena di kita tidak punya kapasitas gedung yang besar untuk menampung itu. Saya kemarin enggak ikut ke lokasi. Saya pastikan ke Sekda dulu ya," katanya.

(bri/mso)