Hebring Euy! Ratusan PKL Huni Pasar Modern Limbangan Garut

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 13:58 WIB
Pasar Modern Limbangan Garut
Pasar Modern Limbangan Garut (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang memadati halaman Pasar Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kini mulai menempati gedung baru. Hebring euy!

Pemindahan lapak PKL ke gedung pasar yang baru dilaksanakan sejak Senin (18/10) kemarin. Pengelola Pasar Modern Limbangan Pramono Istianto mengatakan proses pemindahan PKL ke gedung pasar terjadi usai para pedagang dan pengelola bersepakat.

"Mulai hari ini, kawan kawan pedagang sudah mulai menempati lokasi yang disediakan di lantai dua," kata Pramono kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

Ada sekitar 300 orang PKL yang pindah ke gedung pasar baru. Sebelumnya, mereka berjualan di halaman pasar, memadati tempat parkir hingga trotoar jalan. Hal tersebut yang disinyalir sebagai penyebab utama kemacetan yang kerap terjadi di jalur nasional Limbangan-Malangbong selain delman dan aktivitas angkutan lain.

"Tempat parkir akan ditata kembali, menjadi tempat parkir dan tempat aktivitas keluar-masuk barang," ucap Pramono.

Sebelum proses pemindahan ini disepakati, para pedagang sempat enggan berjualan di lokasi pasar karena beberapa alasan. Pramono berharap pindahnya ratusan PKL ke gedung pasar membuat Pasar Modern Limbangan menjadi lebih tertib dan tertata.

"Ini totalnya hampir ada 300 pedagang secara bertahap mulai mengisi lantai dua," ujar Pramono.

(bbn/bbn)