Susur Sungai Maut di Ciamis, Warga: Kalau yang Tenggelam Sering

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 12:36 WIB
Warga tenggelam di sungai Cileueur Ciamis sering terjadi
Warga tenggelam di sungai Cileueur Ciamis sering terjadi (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

11 siswa meninggal dunia setelah tenggelam di Leuwi Ili Sungai Cileueur, Desa Utama, Ciamis saat susur sungai. Kejadian orang tenggelam di lokasi tersebut bukan yang pertama kali terjadi.

"Menurut cerita di sini, dulu puluhan tahun lalu ada namanya Kang Ili tenggelam dan meninggal di situ. Jadi dinamakan Leuwi Ili. Kalau Leuwi itu artinya tikungan air yang mengalami pendalaman," ujar Warga Desa Utama Johan J Anwari yang juga anggota DPRD Provinsi Jabar, Minggu (17/10/2021).

Johan pun menjelaskan di Leuwi Ili Sungai Cileueur ini juga sering ada warga tenggelam namun berhasil diselamatkan. Kejadian paling sering pada saat musim kemarau, karena banyak ibu-ibu yang mencuci ke Sungai Cileueur tersebut.

"Kalau yang tenggelam memang sering tapi terselamatkan tidak meninggal. Warga di sini juga suka ada yang tenggelam. Kalau musim kemarau kan nyuci di sini. Terbawa air terpeleset sampai terbawa arus," ungkapnya.

Menurut Johan meski air dipermukaan terlihat tenang, namun ternyata di bawahnya ada arus pusaran air dengan lubang sungai di bawahnya atau palung.

"Sungai Cileueur ini kan sebutan masyarakat. Jadi artinya 'leueur' ini adalah licin. Katanya di sungai ini batunya licin. Sehingga kalau melintas dan menyebrangi sungai Cileueur ini harus hati-hati," ujarnya.

Warga lainnya, Maman Sulaeman, menuturkan sebelum kejadian tenggelam itu warga sudah mengingatkan agar berhati-hati dan jangan menyebrang di lokasi Leuwi itu.

"Sekitar dua harian sebelum kejadian, ada yang survei. Warga sudah ada yang melarang, diingatkan agar berhati-hati di lokasi itu jangan menyebrang di lokasi itu," ungkapnya.

Simak Video: Susur Sungai Renggut 11 Nyawa Siswa di Ciamis

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)