1.500 Pedagang di Kota Banjar Disuntik Modal Usaha

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 11:56 WIB
Modal Usaha untuk Pedagang di Banjar
Para pedagangan antre untuk mendapatkan bantuan modal usaha. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebanyak 1.500 orang pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung di Kota Banjar, Jawa Barat, mendapatkan modal usaha. Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp 1,2 juta.

"Ini penyaluran BTPKLW untuk para pedagang kaki lima dan warung. Kodim Ciamis mendapat kepercayaan untuk menyalurkannya kepada 1.500 penerima manfaat," ujar Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani saat memantau penyaluran bantuan di Makodim 0613 Ciamis, Sabtu (9/10/2021).

"Untuk mekanisme pendataan, jauh hari Babinsa sudah mendata langsung sesuai kriteria penerima manfaat PKL dan warung. Kemudian data tersebut dilakukan pengecekan secara langsung dan ke Dinas terkait. Supaya bantuan yang disalurkan tepat sasaran," ucapnya.

Proses penyalurannya berlangsung selama 10 hari ke depan di Kodim 0613 Ciamis. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan.

"Kita coba salurkan setiap hari 100 orang atau lebih. Alhamdulillah untuk hari ini berjalan tertib tidak ada kerumunan. Bantuan ini hanya satu kali sifatnya sebagai stimulan," kata Dadan.

Modal Usaha untuk Pedagang di BanjarPenyaluran modal usaha untuk pedagang ini berlangsung di Makodim Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Dia mengimbau kepada masyarakat penerima manfaat bantuan digunakan sebaik-baiknya. Uang itu dipakai untuk menambah modal usaha.

"Ini sebagai stimulus untuk usaha. Dimanfaatkan untuk menambah modal usaha. Jangan dipakai untuk yang lain, misalnya setelah menerima bantuan malah ke Tasikmalaya belanja dan lainnya. Maksimalkan untuk usaha," tutur Dadan.

Ahmad, seorang penerima, mengaku senang mendapat bantuan dari TNI sebesar Rp 1,2 juta. Bantuan tersebut akan ia manfaatkan untuk menambah modal usaha warungnya.

"Bantuan ini akan saya manfaatkan untuk menambah modal usaha," kata Ahmad.

Simak juga 'Kemnaker Beri Modal Usaha Bagi Tenaga Kerja Mandiri Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)